5 Manfaat Menjadi Seorang Trainer (Public Speaker)

Masih banyak yang belum memahami apa manfaat dari menjadi seorang trainer (public speaker) atau motivator. Ini bukan hal yang baru di Indonesia. Namun di Indonesia, memang profesi ini sangat sedikit oleh digeluti banyak orang. trainer yang kita taupun pasti sangat sedikit, seperti Ongky Hojanto, Antonius Arif, Coach Risman. Aris, Ary Ginanjar, dan lain-lain, nah berikut 5 manfaat menjadi seorang trainer (public speaker).

1.MINIM RESIKO

Jika anda melakukan suatu usaha dalam hal ini usaha laptop yang di mana anda memerlukan stok barang dan jika dalam 6 bulan laptop anda tidak terjual kemungkinan besar anda akan mengalami kerugian.

Lain halnya Ketika anda adalag seorang penjual jilbab/hijab yang skalanya besar, terjadi sebuah kecelakaan kerja di mana toko anda mengalami kebakaran. Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar. Tentu anda mengalami stres bukan ?

Di dalam dunia training kita sebagai trainer sangat minim resiko, ini dikarenakan kita menjual sebuah jasa kita kepada orang-orang, mengajarkan seseorang akan hal yang baru dalam rangka meningkatkan skill seseorang. Tanpa harus menjual produk dalam hal ini barang.

Apa yang ada di isi kepala kita, itulah yang ada jual. Ilmu yang telah anda pelajari ada di dalam otak anda. Anda tidak memerlukan stok sama sekali, anda pun tidak perlu memikirkan toko anda terbakar karena apa yang sudah anda pelajari dan apa yang akan anda ajarkan ke orang banyak ada di kepala anda.Kecuali anda mengalami benturan di kepala yang mengakibatkan Anda amnesia atau lupa ingatan. Hhe, atau mengalami sakit.

2. MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Anda tidak salah baca, berbisnis di dunia pelatihan (training) sangat menguntungkan model yang anda butuhkan sangat kecil. Dibandingkan Apa yang akan Anda terima setelah mengikuti training atau menjalankan bisnis training ini.

Contoh Anda mengikuti pelatihan training for trainer saya seharga Rp7.500.000 setelah itu anda membuat pelatihan Leadership, yang investasi nya Rp 1.000.000,- per orang. Di mana keuntungan bersih Anda adalah Rp750.000/orang.

Bisa anda bayangkan jika yang mengikuti sebanyak 20 orang, berarti anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp 15.000.000,- dan anda perlu catat latihan itu hanya diadakan satu kali saja dalam sebulan

Bayangkan pula jika anda mengadapak pelatihan tersebut 4 kali dalam sebulan dan intens selama 1 tahun maka anda memiliki keuntungan Rp 750.000.000,- selama setahun.Inilah yang saya maksud modal kecil untung besar

3. KELILING DUNIA GRATIS.

Setelah anda menjadi seorang trainer anda akan keliling dunia dengan gratis. Mengapa ini bisa terjadi ?, singkatnya seperti ini, anda adalah seorang trainer yang cukup terkenal di lingkungan Anda di kota Anda. Alumni-alumni anda memberitahukan kepada orang-orang yang berada di luar kota Anda bahwa anda adalah seorang trainer dan alumni-alumni anda memberitahukan kompetensi anda didalam dunia trainingke rekan-rekannya, bahwa anda juga bisa diundang untuk memberikan pelatihan di kotanya.

Sehingga yang terjadi adalah orang yang berada di luar kota, akan mengundang Anda untuk memberikan pelatihan. Nah ketika anda diundang memberikan pelatihan transportasi dan akomodasi anda akan ditanggung oleh pihak pengundang.

Dalam hal ini gratis, diluar itu anda akan mendapatkan Honor. Kemudian Anda pun mulai terkenal di berbagai kota Adapun diundang ke berbagai kota untuk memberikan pelatihan. Anda bisa diundang ke Makassar, Jakarta, Surabaya, Medan, Aceh, Maluku, Lampung, Kalimantan, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan seterusnya dengan ini berarti anda telah mengelilingi dunia dengan gratis, inilah yang saya maksud, jika anda menjadi seorang trainer, anda bisa keliling dunia dengan gratis, plus dapat honor hhe, Asik kan ?

4.MENEBAR KEBERMANFAATAN.

Ketika anda telah menjadi seorang trainer dan anda aktif memberikan sebuah pelatihan ataupun hanya sebuah seminar, secara tidak langsung anda menebar kebermanfaatan begitu luas.

Ketika anda menjadi seorang trainer sangat memungkinkan anda memberikan pelatihan dari kota A ke kota B dari kota B ke kota C dari kota C ke kota D dan seterusnya.

Bisa anda bayangkan, ada berapa banyak orang yang termotivasi karena anda. yang skill nya meningkat karena bantuan anda. Ketika anda memberikan sebuah pelatihan kepada mereka. Bukan dalam hitungan puluhan orang, ratusan atau ribuan orang saja, tapi anda akan bisa mengakses puluhan ribu hingga jutaan orang di seluruh Indonesia. Bahkan di seluruh belahan dunia.

Sejauh ini anda sudah tertarik bukan untuk menjadi seorang trainer?. Bayangkan pula jika pelatihan atau seminar  Anda diliput oleh media. Anda diundang untuk Talk Show memberikan pengalaman inspirasi motivasi kepada banyak orang.

Anda tidak akan bisa menghitung Berapa banyak manfaat yang orang-orang dapatkan dari Anda dan jika anda Islam (Muslim) Anda bisa membayangkan Berapa besar pahala Anda mengalir dari apa yang dikerjakan oleh peserta anda atau hanya mendengarkan anda di media sosial, media pertelevisian, radio dan sebagainya ketika pelatihan atau seminar anda diliput. Anda memiliki kebermanfaatan begitu luas Inilah yang disebut dengan amal jariyah.

5. ATUR WAKTU KERJA SENDIRI.

Menjadi seorang trainer, anda bebas menentukan kapan anda ingin bekerja. Tidak seperti pegawai negeri ataupun pegawai swasta yang di mana mereka harus masuk kerja dari jam 08.00 Hingga jam 05.00 sore. Dari Senin sampai Jumat atau Sabtu.

Sebagai seorang trainer kita lah yang menyusun waktu kerja kita. Semisal anda ingin membuat sebuah pelatihan pada hari Sabtu dan Minggu saja Maka itulah hari kerja anda. Anda pun berhak menentukan Kapan anda ingin membuat pelatihan.

Contoh Saya ingin membuat pelatihan tepatnya di minggu pertama dibulan maret, hari Sabtu dan Minggu. itu berarti hanya itulah hari kerja kita sebagai seorang trainer.

Inilah yang menjadi hal yang sangat menarik ketika kita menjadi seorang trainer Anda berhak mengatur kapan saja anda ingin bekerja atau membuat pelatihan. Sejauh ini anda sudah bisa membayangkan betapa enaknya menjadi seorang trainer kan ?

6. SANGAT MUDAH TERKENAL.

Pada dasarnya ini sama dengan manfaat yang pertama, yang telah menjelaskan diatas. jika anda membawakan seminar dan peserta Anda ada 100 orang, Berarti 100 orang itu telah mengenali anda.

Bayangkan jika anda mengisi 10 seminar dalam sebulan Berapa banyak orang yang telah mengenali anda. bayangkan jika anda memberikan seminar 10 kali dalam sebulan, dan setiap seminar terdapat 100 orang berarti dalam satu bulan Ada 1000 orang yang mengenali anda, bisa anda bayangkan pula, jika itu terjadi selama setahun. Dahsyat !,

Namun dalam percepatannya, ketika anda memberikan sebuah seminar tidak jarang akan ada wartawan yang meliputi anda, seperti surat kabar online, media online yang followersnya banyak, diberitakan radio, bahkan didunia pertelevisian akan mengundang Anda. Ketika anda menjadi seorang trainer anda akan begitu mudahnya terkenal.

Itulah 6 manfaat ketika anda menjadi seorang trainer (public speaker) ataupun seorang motivator. pada bulan februari 2019, saya sudah memasuki usia ke 7 tahun menjadi seorang trainer dan motivator. Jika anda ingin mengikuti pelatihan saya, anda bisa menghubungi saya.

Saya doakan pula, agar anda bisa menjadi seorang trainer (public speaker) dan motivator.

Salam.

Coach Risman.A

Master Trainer NLP, Business & Life Coach

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *