Cara Mengatasi Stress Secara Efektif Dengan Hipnoterapi

Banyak orang mengalami stress pada akhirnya bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya karena tidak paham cara mengatasi stress dengan benar dan efektif.

mengatasi stress tidaklah seribet yang anda bayangkan.

Jika anda paham apa dan bagaimana itu stress, maka dengan mudah anda bisa mengatasi stress yang anda alami. Bahkan bisa membuat stress itu menjadi energy untuk justru meningkatkan produktifitas anda. Mau kan?

Bagaimana caranya? yuk kita simak penjelasannya!

Cara mengatasi stress

A. Mindset Stress Yang Benar

Kenapa kita Stress?

Menurut wikipedia, stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Jadi stress sebenarnya adalah reaksi normal tubuh kita setiap kali menghadapi suatu tantangan atau keadaan yang dianggap mengancam. Atau kondisi apapun yang tidak biasa dialami.

Tekanan ini bisa dari dalam atau dari luar diri kita.

Ketika mengalami stress, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini memunculkan reaksi terhadap tubuh kita, seperti fokus dan konsentrasi meningkat, denyut jantung berdebar lebih kencang, otot-otot menjadi lebih tegang, tekanan darah meningkat, dan nafas menjadi lebih cepat.

Dengan kata lain, hormon ini memacu kita untuk lebih fokus dan penuh perhatian mengatasi masalah yang sedang kita alami.

Ketika stress, tubuh juga secara otomotis bekerja untuk menutup fungsi-fungsi lain seperti pencernaan, dan sebagainya. Itulah mengapa pada saat stress kita tidak berminat untuk makan.

Menghilangkan Stress atau Mengelola Stress?

Nah, banyak orang yang berusaha bagaimana menghilangkan stress. Ini lantaran stress dianggap sebagai gangguan negatif dalam diri kita. Padahal sebenarnya stress adalah reaksi normal. Dan stress bisa menjadi positif dan juga bisa menjadi negatif.

Semuanya tergantung pada bagaimana kita mengelolanya.

Ya, stress adalah energi. Dan kita tahu, melalui pelajaran fisika dulu, bahwa energi tidak bisa dihancurkan hanya bisa diubah bentuknya. Karena itu kita tidak berusaha untuk menghilangkan stress. Kita mengelolanya. Melalui Stress Management.

Positive Stress Vs. Negative Stress

Dr. Hans Selye, yang dikenal sebagai orang pertama yang melakukan riset terhadap stress, menjelaskan bahwa ada perbedaan mendasar antara stress positif (Eustress) dan stress yang negatif (Distress). Sebagaimana diagram berikut:

jenis stress

Contoh-contoh stress yang positif (Eustress):

  • Mendapatkan tantangan berupa proyek baru di pekerjaan
  • Mendapatkan promosi/peningkatan karir
  • Pernikahan
  • Pindah rumah baru
  • Mempelajari skill baru
  • Memiliki hobi baru
  • dan sebagainya

Contoh-contoh stress yang negatif (Distress):

  • Kematian seseorang yang disayangi
  • Perceraian
  • Konflik
  • Penyakit
  • Kebangkrutan/Masalah finansial
  • Masalah susah tidur
  • Kecemasan berlebihan
  • Fobia/trauma
  • dan semacamnya

Nah, jenis stress yang mana yang tengah anda alami? Mengetahui jenis stress anda bisa membantu. Sebab jenis stress yang berbeda berarti penanganan yang juga berbeda.

Reaksi Menghadapi Stress “Fight or Flight”

B. Cara Mengatasi Stress Dengan Benar dan Efektif

Cara Mengatasi Stress Positif

Mengelola stress positif tidaklah serumit yang dibayangkan. Tidak serumit mengatasi stress negatif.

Secara, stress positive (Eustress) adalah stress yang baik dan menguntungkan diri kita. Karena itu, stress jenis ini bisa membantu anda untuk menjadi lebih maju dan produktif.

Stress positif membuat kita lebih fokus, lebih semangat menyelesaikan tantangan yang tengah kita hadapi. Dengan memahami hal ini akan mencegah anda untuk terjatuh lebih dalam menjadi stress yang berkepanjangan.

Berikut beberapa langkah/cara yang bisa digunakan untuk mengelola energi stress positif anda. Menggunakan Metode yang disebut dengan the 4 A’s of Stress Management dari situs HelpGuided.Org.

#1. Avoid Unnecessary Stress (Hindari Stress Yang Tidak Perlu).

Ketika menghadapi sebuah tantangan yang menimbulkan stress, kerap kali kita memperparah keadaan dengan mimikirkan hal-hal yang tidak perlu. Semuanya seperti benang kusut dalam pikiran kita. Dan kita merasa kehilangan kendali. Inilah yang memperparah kondisi stress seseorang sehingga ia gagal untuk mengubah energi stress itu menjadi energi produktif.

Untuk itu uraikanlah masalah yang sedang anda hadapi. Dan cari apa yang betul-betul menjadi penyebab stress anda. Ketika menemukannya, anda akan terkejut ada begitu banyak hal yang bisa dieliminasi terlebih dahulu.

Singkirkanlah semua jenis stress yang tidak perlu, tidak mendesak, dan tidak penting itu. Fokuskan pikiran hanya pada satu masalah utama saja.

  • Belajarlah untuk mengatakan “tidak” pada hal-hal lain di luar fokus utama anda. Seperti tugas baru, atau hal-hal yang tidak penting seperti email, notifikasi smartphone dll.
  • Hindari orang-orang yang bisa membuat stress lebih dalam lagi.
  • Ambil alih situasi dan lingkungan anda. Dimana dan dalam kondisi bagaimana anda bisa nyaman dalam berpikir.
  • Buatlah to-do-list yang simple apa-apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalahnya.

#2. Alter the Situation (Ubah Situasi Anda).

Daripada mencoba untuk menghindari masalahnya, lebih baik anda mengubah kondisi anda. Ini akan membuat anda jauh lebih siap untuk menghadapi masalah.

Anda bisa melakukan ini dengan melakukan reframing terhadap masalah atau tantangan yang sedang anda hadapi. Reframing adalah tekhnik membingkai ulang suatu masalah. Atau dengan kata lain melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Tanyakan, “Apa makna positif dari masalah ini terhadap hidupku?” maka akan muncul jawaban seperti,”Semua ini adalah cara untuk melatihku menjadi seorang penjual yang sukses di masa depan.

Melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, membuat anda mampu menemukan solusi dari masalah tersebut secara lebih jernih.

#3. Adapt to The Stressor (Beradaptasi dengan stress)

Beradaptasi dengan stress berarti kita menggunakan energi stress untuk membantu kita bertumbuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mensyukuri stress yang kita hadapi.

Syukuri stress anda karena ini adalah tanda bahwa anda ingin maju dan peduli dengan tantangan/pekerjaan anda. Dengan mensyukuri stress, anda mengubah energi stress anda menjadi jauh lebih positif daripada sebelumnya.

#4. Accept The Things You Can’t Change (Terima hal-hal yang tidak bisa diubah)

Ya, kita tidak bisa mengatur segala sesuatu sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Maka pada titik inilah kita perlu ikhlas dan pasrah menerima hal-hal yang tidak bisa kontrol. Sembari itu, lakukan apa yang bisa kita lakukan. Untuk itu anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Luangkan waktu untuk memikirkan dan menyusun strategi yang akan anda lakukan untuk memecahkan masalah/tantangan yang sedang anda hadapi.
  • Lakukan dengan langkah kecil apa yang bisa anda lakukan. Ambil tanggung jawab penuh terhadap kendali hidup anda. Sesimple mengatakan, “Saya bertanggung jawab terhadap hidupku, dan saya bisa mengatasi semua ini!”
  • Jika tengah berada di kantor, ambil waktu jeda untuk me-rileks-kan diri. Tarik nafas panjang. Dan lakukan gerakan positif yang bisa mengubah kondisi state emosional anda. Seperti misalnya mengepalkan tangan dan melakukan gerakan meninju ke udara. Penelitian membuktikan gerakan fisiologis seperti ini bisa membantu untuk memperbaiki mood anda.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membantu anda tetap dalam kondisi mood yang fit dalam mengatasi stress positif. Dengan begini anda akan mampu untuk mengubah energi stress anda menjadi energi yang produktif.

Cara Mengatasi Stress Negatif

Sementara itu cara mengatasi stress negatif membutuhkan sedikit ekstra perhatian. Ini lantaran dampak dan gejala stress bisa menjadi negatif dalam diri kita dan berkepanjangan.

Stress negatif (Distress) pada umumnya disebabkan oleh adanya sebuah kejadian yang berdampak besar terhadap kondisi psikologi seseorang. Atau adanya sebuah perubahaan besar-besaran yang terjadi secara tiba-tiba yang membuat seseorang merasa tidak siap menghadapi sebuah masalah. Contohnya seperti perceraian, atau kematian seseorang yang dicintai. Atau sebuah kejadian memilukan yang bisa menimbulkan dampak traumatis terhadap seseorang. Seperti pelecehan seksual, perundungan (bullying), dsbg.

Penyebab stress

Gejala Stress Negatif Berkepanjangan

Untuk mengenali stress yang dialami seseorang ada beberapa gejala yang bisa kita amati. Gejala-gejala stress berkepanjangan bisa mempengaruhi tubuh, psikologi dan prilaku seseorang. Berikut tanda-tanda dan gejala stress dikutip dari situs mayoclinic.org:

Pada TubuhPada PsikologiPada Prilaku
Sakit KepalaAnxietas/KecemasanPerubahan pola makan
Ketegangan ototKegelisahanMudah Marah
Sakit dadaKehilangan Motivasi/ sulit fokusPenyalagunaan obat terlarang
KelelahanMerasa kewalahanMerokok
Perubahan Dorongan SexualEmosionalMengurung diri
Sakit Perut/MualKesedihan BerlebihMalas beraktifitas
Insomnia

Apakah gejala-gejala stress negatif ini muncul?

Treatment Terapi Yang Bisa Dijalankan Untuk Mengatasi Stress Negatif

Untuk mengatasi stress negatif dan berkepanjangan, dibutuhkan metode-metode treatment khusus guna menangani stress berkepanjangan ini hingga tuntas ke akar-akarnya.

Banyak artikel diluar sana yang mencoba membahas tentang hal ini, namun sayang sekali saya yakin artikel itu tidak akan cukup membantu. Sebab tidak adanya metode dan program yang jelas yang bisa diikuti dan diukur efektivitasnya.

Nah karena itu, berikut saya nukilkan beberapa jenis treatment terapi yang bisa menjadi alternatif  untuk menangani stress berkepanjangan ini. Sebenarnya ada banyak sekali jenis terapi yang sudah dikembangkan oleh para pakar, akan tetapi mengingat belum semua jenis terapi yang ada bisa diakses dengan mudah di negeri kita, maka berikut beberas saja saya cantumkan yang bisa anda gunakan

  1. Meditasi/Yoga: Meditasi atau yoga bisa digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mencapai kedamain tubuh dan pikiran.

 

 

  1. Emotional Freedom Tekhnik (EFT): adalah salah satu jenis terapi yang mudah dan bisa anda gunakan untuk mengatasi stress. EFT berfokus pada menggunakan tekhnik mengetuk titik-titik saraf tertentu dalam tubuh untuk melepaskan emosi negatif yang ada. Terapi ini dapat menstimulasi dan menyeimbangkan sistem energi tubuh dan mengurangi stres pada amigdala, bagian tengah otak yang merespon emosi seseorang, terutama rasa takut.Untuk mempelajari EFT, anda bisa membuka situs APEIindo.org untuk mencari praktisi EFT di kota anda.
  2. Creative Trauma Cleansing (CTC): Tekhnik ini ditemukan oleh Pak Jumala Multazam, Master Trainer NLP. Menggunakan tekhnik tepukan untuk memberikan stimulus pada titik-titik tertentu. Sampai saat ini tekhnik ini adalah salah satu tekhnik paling sederhana dan ampuh untuk trauma healing dan melepaskan emosi negatif dalam diri.
  3. Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR): Mindfulness therapy adalah suatu pendekatan terapi yang berfokus pada kesadaran akan masa sekarang dengan penuh penerimaan, menjadi sadar sepenuhnya akan apa yang terjadi saat ini dan mengalihkan pengalaman yang lain. Majalah time pada tahun 2014, pernah menyebutkan bahwa tahun itu adalah tahun mindfulnes, lantaran terapi ini adalah salah satu terapi yang paling banyak digunakan orang untuk mengatasi masalah stress dan psikologi lainnya. Untuk belajar anda bisa menuju ke situs mindfulnesia.id.
  4. Cognitive Based Therapy (CBT): adalah salah satu tekhnik terapi dalam psikology yang yang bertujuan untuk mengubah proses pola pikir (kognitif) serta perilaku seseorang menjadi lebih baik. Terapi kognitif dan prilaku ini juga merupakan jenis terapi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dalam menangani stress dan masalah psikologi.
  5. Hipnoterapi: Hipnoterapi adalah terapi menggunakan hipnosis. Menurut sebuah study yang dilakukan oleh American Health Magazine, yang membandingkan efektifitas antara beberapa tekhnik terapi didapatkan hasil sebagai berikut:Efektivitas hipnoterapi

Mengapa Hipnoterapi Adalah Tools Terapi Terbaik Untuk Stress Management

Hipnoterapi adalah terapi menggunakan hipnosis. Hipnosis sendiri adalah proses penurunan gelombang otak dari beta ke alfa dan theta yang ditandai dengan diterima sebuah sugesti oleh pikiran bawah sadar tanpa kritik dan penolakan.

Hipnosis berfokus pada penanganan dan pemberdayaan pikiran bawah sadar.

Pertanyaannya, mengapa pikiran bawah sadar?

Para pakar menjelaskan bahwa pikiran bawah sadar menentukan 90% dari keseluruhan hidup seseorang. Sementara pikiran sadar hanya menentukan 10% bahkan kurang.

Di pikiran bawah sadar inilah semua:

  • Memori jangka panjang
  • Kebiasaan
  • Kepribadian
  • Emosi
  • Imajinasi
  • Keyakinan (nilai-nilai)
  • termasuk fobia, trauma dan segala penyakit psikologis

Inilah mengapa hipnoterapi begitu efektif untuk mengatasi berbagai masalah mental, psikologi dan psikosomatis. Termasuk stress, depresi dan sebagainya.

Selain mengatasi akar masalah penyebab stress itu, dengan hipnoterapi juga memungkinkan untuk membantu anda menjadi jauh lebih tangguh dan handal dengan menanamkan program positif di pikiran bawah sadar anda.

Beberapa Tekhnik Hipnoterapi Untuk Cara Mengatasi Stress

hipnoterapiAda beberapa tekhnik dalam hipnoterapi yang sangat powerful yang bisa anda gunakan untuk mengatasi stress. Ataupun membantu anda untuk menjadi seorang stress manager yang hebat.

  1. Anchoring: adalah sebuah tekhnik hipnoterapi untuk mengasosiasikan suatu hal dengan suatu memori atau perasaan tertentu. Misalnya meng-anchor antara kepalan tangan dengan perasaan semangat. Jadi setiap kali seseorang membutuhkan semangat maka ia cukup mengepalkan tangannya maka perasaan itu akan muncul dengan sendirinya. Dengan tekhnik ini, anda bisa menciptakan anchor untuk mengakses kondisi tenang dan rileks setiap kali anda merasa stress.
  2. Reframing: tekhnik untuk mengubah sudut pandang anda terhadap suatu masalah. Dengan begini anda selalu bisa berpikir positif menghadapi kondisi atau tekanan seperti apapun.
  3. Forgiveness Therapy: Ini adalah sebuah tekhnik hipnoterapi untuk bernegosiasi dengan pikiran bawah sadar (emosi) kita untuk bisa memafkan seseorang yang membuat kita sakit hati atau tertekan. Bahwa memafkan bukan berarti membenarkan atau mengijinkan hal itu terjadi lagi. Tapi semata-mata untuk membuat kita berdamai dengan diri kita sendiri.
  4. Object Imagery: Sebuah tekhnik imajinasi untuk menghilangkan energi stress dari dalam diri kita dengan mengimajinasikan energi negatif itu seperti sebuah benda yang berwujud dan bergerak keluar dari tubuh kita.

Masih ada banyak lagi tekhnik dalam hipnoterapi yang bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi stress, dan mengubah energi stress itu menjadi energi positif yang memberdayakan.

Inilah alasan mengapa hipnoterapi adalah treatment terapi terbaik untuk mengatasi stress.

Langkah-langkah Mengatasi Stress Dengan Hipnoterapi Mandiri

Untuk mengatasi stres negatif dan berkepanjangan, bisa dimulai dengan melakukan hipnoterapi terhadap diri sendiri. 

Berikut langkah-langkah yang bisa anda praktekkan untuk melakukan self hypnosis untuk mengatasi stress anda:

  1. Ambil posisi yang nyaman dan membuat anda rileks. Tinggalkan semua hal yang bisa mengganggu. Handphone, musik dan lain sebagainya. Bila perlu masuk ke dalam kamar dan kunci pintu agar tidak ada yang mengganggu. Atau sampaikan bahwa anda sedang tidak ingin diganggu. Duduklah dengan posisi bersandar, dan buat tubuh anda serileks dan senyaman mungkin.
  2. Atur nafas anda. Mulai tarik nafas yang dalam dari hidung, dan buang lewat mulut. Bayangkan setiap tarikan nafas anda menarik energi positif dari sekeliling anda. Dan setiap hembusan nafas anda mengeluarkan semua ketegangan dari dalam diri anda. Lakukan beberapa kali sampai anda benar-benar rileks dan nyaman.
  3. Sebelumnya anda juga bisa memutar musik instrumental atau relaksasi yang bisa anda download di sini.
  4. Perlahan-lahan tutup mata anda. Dan rasakan diri dan seluruh tubuh semakin rileks dan nyaman.
  5. Perdalam rileks anda dengan membayangkan anda sedang berada di dalam lift yang bergerak turun dari lantai 10 ke lantai 1. Dan setiap turun 1 lantai membuat anda 10 kali lipat lebih rileks daripada sebelumnya. Pada lantai paling bawah, anda juga sudah memasuki kondisi rileks yang begitu dalam. Ini disebut dengan kondisi hipnosis (trance).
  6. Lakukan tekhnik object imagery terhadap emosi negatif dari stress anda. Pusatkan pikiran anda pada stress anda. Lihat, dengar dan rasakan bentuk, warna, suara, dan rasa stress tersebut. Perjelas semuanya.
  7. Kemudian perlahan-lahan kumpulkan energi stress anda pada 1 titik. Bayangkan energi stress tersebut mengalir kepada 1 titik di tubuh anda.
  8. Selanjutnya di depan anda, bayangkan ada sebuah balon kecil. Lihat, dengar dan rasakan wujud balon itu. Nah, secara perlahan pindahkan emosi negatif anda dari dalam tubuh menuju balon tersebut. Sehingga dengan jelas anda bisa melihat, mendengar dan merasakan balon itu sedikit demi sedikit terisi penuh dengan emosi negatif stress anda. 
  9. Buat semakin lama semakin besar, semakin besar, dan pada akhirnya mencapai titik terbesar dan pecah.
  10. Sembari itu, lihat, dengan dan rasakan pula semua emosi negatif stress telah hilang dari tubuh anda. Jika masih ada tersisa lakukan hingga beberapa kali sampai emosi itu betul-betul hilang.
  11. Langkah selanjutnya adalah lakukan tekhnik reframing, dengan mengatakan kepada pikiran bawah sadar anda. Bahwa kondisi yang anda alami saat ini, adalah hal baik dan tanda bahwa anda akan bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik. (Anda bisa rangkai kalimatnya sesuai kebutuhan anda).
  12. Perlahan-lahan persiapkan diri anda untuk membuka mata dengan menghitung dari 1 sampai 3. Pada hitungan ketiga, buka mata anda. Dan rasakan perubahan yang terjadi pada diri anda.

Kesimpulan Cara Mengatasi Stress Dengan Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah salah satu metode terapi yang sangat efektif untuk mengatasi stress. Baik stress yang negatif maupun stress positif. Yang paling penting adalah pemahaman bahwa stress adalah sebuah energi. Dan karena itu ia tidak perlu untuk dihilangkan, tetapi dikelola agar bisa menjadi energi produktif dalam diri kita.

Demikian artikel tentang cara mengatasi stress dengan hipnoterapi. Semoga bermanfaat. Komen pendapat anda dibawah.

Jika anda Butuh hipnoterapis profesional untuk membantu anda mengatasi stress berkepanjangan anda? Silahkan kontak kami melalui kolom komentar di bawah ini.. atau melalui wa di http://wa.me/+6282187890423

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *