Cara Efektif Menghilangkan Trauma Dengan Hipnoterapi

Cara Menghilangkan Trauma

Setiap orang punya berbagai pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu. Sebagian bisa berlalu begitu saja seiring waktu, sebagian lagi berdampak begitu dalam, dan menimbulkan trauma terhadap kejadian tersebut.

Apakah anda juga mengalami hal serupa?

Jika ya, maka lanjutkan membaca tulisan ini sampai selesai. Karena artikel kali ini akan membahas tentang cara ampuh menghilangkan trauma masa lalu dengan hipnoterapi.

Apa itu Trauma dan Bagaimana Dampaknya?

Menurut American Psychological Association (APA), Trauma adalah respon emosional terhadap suatu kejadian yang menyedihkan. Kejadian seperti kekerasan, kecelakaan, pelecehan, bencana alam, dan sebagainya.

Reaksi emosional yang muncul tiap-tiap orang bisa berbeda-beda. Bahkan pada beberapa kasus, trauma bisa memicu dampak secara fisik pada tubuh. Seperti sakit kepala, mual, maag, keringat dingin, dan lain-lain.

Sementara reaksi emosional bisa berupa, kecemasan berlebih, ketakutan, kemarahan, kesedihan dan semacamnya. Tergantung jenis trauma yang di alami masing-masing individu.

Kenali Penyebab Trauma Anda

Jika anda mengalami trauma, penting sekali untuk mengetahui, apa penyebab trauma anda. Ini bisa membantu anda untuk merencanakan jenis penanganan atau terapi yang bisa dilakukan.

Pada banyak kasus, sebagian besar trauma terjadi lantaran sebuah kejadian buruk di masa lalu. Nah, coba cari tahu kejadian apa yang membuat anda merasakan trauma?

Jika anda butuh bantuan untuk mengakses akar masalah di masa lalu, bisa meminta bantuan kepada hipnoterapis yang anda kenal.

Berdamai Dengan Masa Lalu

Jika sudah tahu penyebab trauma anda di masa lalu, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain berdamai dengannya. Anda harus berbesar hati untuk menerima kejadian itu -semenyakitkan apapun ia- sebagai bagian dari hidup anda.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Mengambil hikmah positif dari kejadian tersebut. Anda bisa menggalinya dengan bertanya pada diri sendiri, “apa hikmah positif dari kejadian ini untuk saya?” Maka akan muncul jawaban-jawaban yang bisa melepaskan emosi negatif dari trauma tersebut. “apakah ini adalah bukti bahwa tuhan masih sayang dan ingin membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik?”, “apakah ada hal yang perlu anda perbaiki?”
  • Mengubah konteks (arti) kejadian itu terhadap diri anda. Tekhnik ini dalam NLP disebut dengan Reframing. Yakni mengubah arti kejadian itu terhadap diri anda. Dengan kata lain, anda mendidik pikiran bawah sadar untuk mengartikan sebuah kejadian buruk dengan konteks yang positif. Contoh, “kejadian ini bertujuan untuk menjadikan aku pribadi yang sukses, dan memberi manfaat besar pada orang lain yang mengalami kejadian serupa.” Berbeda dengan poin pertama, dimana kita bertanya dengan diri sendiri, pada poin ini kita mengintervensi pikiran kita sendiri untuk berpikir dari perspektif yang berbeda. Banyak orang sukses yang melakukan hal ini, dan akhirnya berhasil. Seperti Oprah, Nick Vujicic, dan lain-lain.
  • Memaafkan orang-orang yang terlibat di kejadian tersebut. Memaafkan adalah sebuah terapi paling ampuh dalam diri anda. Jika anda bisa memafkan, maka anda akan melepaskan semua emosi negatif anda. Memaafkan diri sendiri, orang lain, ataupun kejadian tertentu. Ingat bahwa memafkan bukan berarti membenarkan atau mengijinkan kejadian itu terjadi kembali. Memaafkan juga bukan untuk kepentingan orang lain, melainkan untuk kepentingan dan kesembuhan diri kita sendiri.

Melepaskan Emosi Negatif dari Trauma Anda

Setiap kejadian yang menimbulkan trauma membawa emosi negatif tertentu. Nah salah satu hal yang harus dilakukan dalam menghilangkan trauma adalah melepaskan emosi negatif yang mengikutinya.

Dalam hipnoterapi, ada tekhnik sederhana yang bisa dilakukan untuk melepaskan emosi negatif tersebut. Salah satunya adalah Object Imagery.

Object Imagery adalah tekhnik untuk melepaskan emosi negatif dengan membayangkan emosi tersebut memiliki wujud. Dan kemudian secara perlahan mengeluarkan emosi tersebut dari dalam tubuh kita. Bayangkan emosi tersebut berwarna, dan mengalir dari dalam diri ke luar tubuh anda. Atau mengalir ke object lain seperti balon, dan semakin lama semakin membesar. Pada titiknya, balon itu akan meledak dan seiring itu juga emosi negatif anda telah hilang.

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) adalah gangguan psikologis berkepanjangan yang dialami seseorang setelah mengalami, mendengar atau menyaksikan kejadian buruk yang menyebabkan trauma. Itu menurut American Psychiatric Association.

Atau singkatnya, orang yang mengalami kejadian trauma dan berdampak berkepanjangan dalam diri seseorang itulah PTSD.

PTSD membutuhkan penanganan yang jauh lebih serius, dibanding trauma biasa.

Gejala-gejala PTSD

Gejala PTSD yang muncul pada setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum inilah beberapa gejala umum yang bisa dikenali:

  • Ingatan yang mengganggu, misalnya, selalu mengingat detail mengerikan dari peristiwa tragis atau sering mimpi buruk yang terkait dengan peristiwa itu.
  • Kecenderungan untuk menghindari berbicara atau berpikir tentang peristiwa traumatis. Kondisi ini diindikasikan dengan menghindari tempat, aktivitas atau orang yang memicu ingatan akan peristiwa traumatis.
  • Keadaan pikiran yang berubah negatif. Orang dengan PTSD cenderung memiliki perasaan negatif untuk diri sendiri atau orang lain, merasa terasing.
  • Merasa putus asa tentang masa depan, memiliki masalah ingatan, termasuk aspek signifikan dari peristiwa traumatis, dan kesulitan mempertahankan hubungan dekat dengan orang lain.
  • Perubahan emosional. Perubahan ini ditunjukkan oleh perbedaan respons fisik dan emosional, seperti kesulitan berkonsentrasi, selalu merasa sangat waspada, mudah terkejut dan takut, mudah jengkel atau marah, dan sulit tidur.

Cara Menangani Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) Dengan Hipnoterapi

Orang yang mengidap PTSD, perlu penanganan terapi yang jauh lebih serius. Anda harus datang ke hipnoterapis untuk membantu anda benar-benar menetralizir kejadian traumatis di masa lalu.

Dan membantu membentuk pola prilaku positif baru yang lebih memberdayakan.

Walaupun mengkonsumsi obat-obatan sebanyak apapun, selama akar masalah di masa lalu tidak ditangani, maka semuanya akan sia-sia.

Meski begitu, pengobatan menggunakan obat-obatan juga tidak bisa dinavikan. Perlu kerja sama dari masing-masing treatment untuk kesembuhan anda.

Peran hipnoterapi adalah terkait semua jenis emosi, beban, kecemasan, dan psikologis dari stress dan trauma yang dialami.

Selain menggunakan tekhnik-tekhnik di atas, ada beberapa tekhnik atau metode lain yang bisa dilakukan untuk menangani pasien PTSD.

Menurut The National Institute for Health and Clinical Excelence (NICE), penanganan PTSD ada 2 yakni:

  1. Trauma-Focused Cognitive-Behavioural Therapy (TFCBT).Terapi ini memfasilitasi proses emosional dengan membantu pasien bereaksi dengan sedikit rasa takut akan ingatan atau ingatan akan peristiwa yang dialami.
  2. Eye Movement Desensitisation and Reprocessing (EMDR). Terapi ini berfokus pada citra trauma dan pikiran negatif dan respons emosional yang disebabkan oleh trauma. Tujuannya agar seseorang berpikir dan menjadi lebih positif tentang trauma yang dideritanya.

Anda tidak perlu paham semua ini, cukup serahkan kepada terapis anda untuk menanganinya.

Cara Menghilangkan Trauma Psikologis Pada Anak

Untuk kasus diatas, adalah cara menghilangkan trauma pada orang dewasa. Lantas, bagaiman jika yang mengalami trauma adalah anak kecil?

Bagaimana cara menanganinya? Apakah sama dengan orang dewasa?

Mengatasi Trauma Pada Anak
Menghilangkan trauma pada anak.

Dampak Trauma Pada Anak

Anak yang mengalami trauma, baik trauma fisik maupun trauma psikologis bisa terganggu perkembangannya. Baik secara mental, social, maupun biologis sang anak.

Menurut Canadian Counselling And Psychotherapy Association (CCPA), dampak yang ditimbulkan dari trauma pada anak antara lain, meliputi (tapi tidak terbatas pada) hal-hal berikut ini:

  • Ketidakstabilan dan gangguan mental
  • Menghambat tumbuh kembang anak
  • menghambat perkembangan otak dan fungsi konsetrasi
  • Ketidakpercayaan diri secara sosial.
  • Menarik diri dari pergaulang sosial, sekolah dan keluarga
  • Kehilangan minat. dan lain sebagainya.

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

Selain mengajak anak untuk melakukan hipnoterapi, orang tua juga punya peran yang sangat penting dan sekaligus krusial untuk membantu anak sembuh dari trauma psikologis yang dirasakannya.

Ini lantaran orang tua adalah figur yang punya otoritas dan emosional yang tinggi terhadap anak. Jadi dengan peran aktif orang tua, kemungkinan anak untuk pulih dari trauma jauh lebih meningkat.

  1. Jadilah teman bagi anak anda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun kedekatan dan keintiman dengan anak anda. Pastikan anak merasa nyaman untuk bergaul dan bersama anda. Ini penting untuk membangun keterbukaan anak terhadap anda. Maka itu, lakukanlah banyak hal bersama anak. Luangkan waktu untuk sekedar bermain bersama anak. Hal ini juga membangun rasa aman dalam diri anak anda, dan ia merasa ada teman untuk mengatasi traumanya.
  2. Jangan menghakimi anak anda. Apapun masalah atau kesalahan yang dibuat oleh anak anda, jangan pernah menghakiminya. Tapi secara perlahan tunjukkanlah cara melakukan sesuatu dengan benar.
  3. Aktif mengajak anak anda mengobrol. Jangan menunggu anak untuk menceritakan semuanya kepada anda. Alih-alih pancinglah anak untuk bercerita dengan anda aktif sebagai pembuka obrolan. Ceritakan kisah-kisah kedekatan dan keterbukaan antara orang tua dan anak.
  4. Dengarkan anak anda. Seperti orang pada umumnya, anak anda juga butuh untuk didengarkan. Jangan sekali-kali menghardik ketika anak anda sedang bercerita. Walaupun mungkin apa yang dikatakannya bertentangan. Dengarkan saja, kemudian pada gilirannya betulkan apa yang ia inginkan.
  5. Dampingi anak menghadapi traumanya. Sampaikan kepada anak anda bahwa apapun yang terjadi anda akan selalu ada disampingnya. Bahwa apa yang dihadapi anak anda adalah tanggung jawab bersama.
  6. Tumbuhkan motivasi dan harapan kepada anak anda. Bahwa segala sesuatu akan berakhir. Dan ada hikmanya. Bahwa bukan hanya ia yang mengalami kejadian seperti ini, masih banyak anak-anak lain mengalami hal yang lebih buruk.

Mengubah Trauma Menjadi Triumph (Kemenangan)

Kejadian traumatis bisa terjadi kepada siapa saja. Apakah hal itu akan menjatuhkan anda atau membuat anda bertumbuh, semuanya tergantung pada persiapan anda menghadapinya.

Bill Murphy Jr.

Ya, entah anda, orang lain, atau anak anda yang mengalami kejadian traumatis di masa lalu, hal itu tidaklah begitu penting. Dan kita tidak bisa mengubah masa lalu. Yang terpenting adalah bagaimana sikap kita menghadapinya.

Trauma bisa menjadi hal yang membuat kita terbelenggu, atau bisa juga menjadi hal yang mengantarkan kita pada kemenangan.

Post-Traumatic Growth

Selama ini, para psikolog melihat trauma dari kacamata negatif saja. Dianggapnya trauma adalah hal buruk yang berdampak negatif pada tubuh dan pikiran.

Tetapi para penganut paham positif psycology, telah mengembangkan sebuah hypotesa terbarukan tentang bagaimana trauma bisa membuat seseorang bertumbuh menjadi positif.

Hal ini disebut dengan post-traumatic growth (PTG).

Beberapa study melaporkan bahwa beberapa hal yang didapat dari PTG ini antara lain:

  1. Emotional Growth (Kedewasaan emosional)
  2. Closer family relationship (hubungan keluarga membaik)
  3. A better perspective on life (Mindset dan cara pandang yang lebih baik terhadap kehidupan).

Cara menghilangkan trauma secara efektif bisa dilakukan dengan hipnoterapi. Selain mendamaikan dengan kejadian traumatis di masa lalu, Hipnoterapis anda akan membantu untuk menunjukkan langkah-langkah apa yang harus ditempuh selanjutnya untuk mengubah trauma menjadi triumph (kemenangan.)

Oprah Winfrey dan Kisah Traumatis Yang Menghebatkan

Siapa yang tidak kenal dengan Oprah?

Dia adalah pembawa acara wanita terkaya di dunia. Melalui acara talk show yang dipandunya, ia telah membantu ribuan orang di seluruh dunia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Karena itu juga, Oprah dianggap sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Tapi siapa sangka, masa kecil Oprah penuh dengan kejadian memilukan. Pada usia 9 tahun ia mengalami pelecehan seksual. Diperkosa oleh sepupunya sendiri, kemudian teman-teman dekatnya, bahkan pamannya. Hamil di usia 14 tahun, dan setelah melahirkan anak laki-lakinya meninggal 2 minggu kemudian.

Semua kejadian itu memberikan dampak traumatis berkepanjangan dalam hidup Oprah.

Tapi ia tidak memilih untuk menyerah. Ia terus berjuang. Hingga pada usia 16 tahun, ia membaca buku biography Dr. Maya Angelou. Dan itu mengubah hidupnya.

Melalui serangkaian proses, ia bangkit dari trauma dan kejadian buruk masa lalu. Dan pada akhirnya berhasil menjadi sukses dan berpengaruh.

Oprah Winfrey - Cara Menghilangkan Trauma
Oprah Winfrey – Cara Menghilangkan Trauma

Oprah Winfrey mengatakan, “True forgiveness, is when you can say, “thank you” for that experience.” (Memaafkan yang sebenarnya adalah ketika anda bisa mengatakan “terima kasih” kepada kejadian itu.)

Demikian artikel cara menghilangkan trauma dengan hipnoterapi kali ini.. gimana menurut teman-teman?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *