13 Fakta Unik Pikiran Bawah Sadar Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda sudah menyadari fakta-fakta unik tentang pikiran bawah sadar?

Seperti anda ketahui, psikologi membagi pikiran manusia menjadi 3 lapis kesadaran. Yaitu:

  • Pikiran Sadar
  • Pikiran Bawah Sadar
  • Pikiran Super Sadar

Nah kali ini kita akan mengulik tentang pikiran bawah sadar.

13 Fakta Unik Pikiran Bawah Sadar

Ternyata, Meski namanya di bawah sadar, jenis pikiran ini punya beberapa kekuatan dan fakta unik tersendiri yang bisa membuat kita tercengang.

Mau tau?

Inilah 15 Fakta Unik Seputar Pikiran Bawah Sadar Yang Perlu Anda Ketahui.

#1. Pikiran Bawah Sadar lebih kuat daripada pikiran sadar.

Ternyata para ilmuwan menunjukkan bahwa pikiran sadar mempengaruhi hampir 95% kehidupan kita. Dan hanya 5% saja pikiran sadar. Ini menunjukkan fakta bahwa pikiran bawah sadar, jauh lebih kuat dari pada pikiran sadar.

Jadi kapanpun terjadi pertentangan antara keduanya, maka pikiran bawah sadar pasti akan menang.

Mau bukti? Berapa banyak orang yang bertekad ingin berhenti merokok tapi pada akhirnya gagal?

Tekad atau kemauan adalah kinerja pikiran sadar. Program/kebiasaan merokok adalah kinerja pikiran bawah sadar.

Jadi selama program di pikiran bawah sadar tidak diubah, maka tekad dan kemauan akan kalah.

#2. Pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan benar dan salah.

Meski begitu kuat pengaruhnya, ternyata pikiran bawah sadar punya satu keunikan lain. Bahwa ia tidak bisa membedakan mana informasi yang merupakan fakta, mana yang hanya karangan saja.

Buktinya, ada seorang yang tahu betul bahwa sinetron adalah hasil skenario yang dibuat manusia. Tapi tetap saja larut, baper hingga nangis menyaksikan cerita di sinetron tersebut.

Apakah anda salah satunya?

#3. Pikiran bawah sadar selalu berusaha melindungi kita

Ada satu sifat baik dan unik yang dimiliki pikiran bawah sadar. Yaitu sifat melindungi tuannya. Sampai di sini tentu baik.

Tapi yang unik, tak jarang saking protektifnya, sampai-sampai menjadi sangat berlebihan. Inilah yang disebut fobia.

Yang lucu adalah kadang-kadang dia begitu protektif pada hal-hal yang oleh orang lain anggap biasa aja.

Misalnya ada orang yang begitu ketakutan melihat kucing, bulu ayam, kertas, nasi putih, dan lain-lain.

Nah, ini semua adalah reaksi bawah sadar dalam melindungi kita. Oleh pikiran bawah sadar hal itu dianggap berbahaya atau asing. Sehingga kita cenderung menghindarinya.

Begitu juga jika kita bertemu dengan orang asing. Kira-kira apa yang akan anda lakukan jika bertemu dengan orang seperti ini di tengah jalan?

Orang Aneh

Kemungkinan anda akan menghindar.

Sebab pikiran bawah sadar anda menganggap apapun hal yang asing sebagai sebuah ancaman.

Dan ia akan selalu berusaha untuk melindungi diri kita.

#4. Pikiran Bawah Sadar adalah pengingat yang baik

Orang yang ketakuan berlebihan dengan kucing misalnya, kemungkinan punya pengalaman tidak mengenakkan dengan kucing di masa lalu. Misalnya pernah dicakar, atau digigit.

Kejadian itu Bisa berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Namun pikiran bawah sadar terus menyimpan dan merekam kejadian itu sampai kapanpun. Walaupun pikiran sadar kita sudah melupakan kejadiannya.

Itulah mengapa, setiap kali bertemu dengan kucing, pikiran bawah sadar akan bereaksi. Karena dia selalu mengingat apa yang kucing pernah lakukan dulu kepadanya.

#5. Pikiran Bawah Sadar tidak bisa di larang!

Sekarang, juga saya perintahkan anda untuk jangan membayangkan gajah berwarna pink. Sekali lagi tolong JANGAN pikirkan gajah berwarna pink!

Jangan ya!

Loh, apa yang anda lakukan saya melarang anda untuk memikirkan gajah warna pink. Kenapa anda terus memikirkannya?

Ya, karena pikiran bawah sadar anda melakukan itu secara otomatis! Ia tidak bisa dilarang-larang. Sebab ia memang tidak mengenal kata “jangan!”, “tidak” dan “bukan”.

#6. Pikiran Bawah Sadar berpikir dalam bentuk citra dan gambar bukan kata-kata

Ketika saya mengatakan “mobil” maka yang muncul di pikiran anda adalah sebuah gambar kendaraan beroda empat.

Bukan rangkaian huruf M-O-B-I-L.

Begitupun ketika saya mengatakan “pengeluaran kita bulan ini begitu banyak.” Maka muncul sebuah kondisi gambaran bahwa uang kita mengalir keluar.

Tetapi ketika saya mengatakan, “Kita berinvestasi cukup banyak untuk marketing perusahaan.” maka gambaran dan citra yang muncul berbeda. Nada positivitas dan optimisme mencuat.

Bahwa uang kita yang keluar itu akan kembali dengan jumlah yang lebih besar, karena ini adalah investasi. bukan pengeluaran.

#7. Pikiran bawah sadar bersifat acak, meloncat-loncat, dan bebas. Tidak runut, urut dan kaku.

Ini adalah salah satu fakta unik tentang pikiran bawah sadar yang perlu anda ketahui. Sebab memahami cara kerja pikiran anda akan membantu anda mempelajari sesuatu hal dengan lebih mudah.

Ketika membaca buku, (terutama non-fiksi), pikiran bawah sadar tidak suka membaca runut dari bab 1, ke bab 2, lanjut bab 3, dan seterusnya.

Alih-alih, pikiran bawah sadar lebih senang loncat-loncat. Sesuai kemauannya dia.

Tidak usah dipungkiri. Atau dipertanyakan. Sebab begitulah adanya.

Salah satu buktinya adalah ketika anda mimpi.

Mimpi adalah pekerjaan pikiran bawah sadar.

Apa yang terjadi ketika kita mimpi? Apakah cerianya runut seperti sinetron? Tidak! Justru ketika mimpi, kejadiannya loncat-loncat. Sebentar di rumah, sebentar di sekolah, di jakarta, eh tiba-tiba di merauke.

#8. Pikiran bawah sadar gudangnya emosi

Ya, ia begitu baperan. Apapun hal yang dibawah melalui emosi, ia akan menular. Jika ada seseorang yang marah-marah kepada anda, maka kemungkinan anda juga akan marah.

Sebuah film atau sinetron begitu mudah diterima sebab ceritanya membawa emosi. Penontonnya sampai nangis, ketawa, dan segala macam.

Pernahkah anda mengikuti sebuah seminar motivasi? Biasanya anda akan sangat semangat setelahnya. Anda yang tadinya lesu, lemah dan lunglai, ikut training motivasi tiba-tiba jadi pribadi yang baru. Penuh semangat dan luar biasa.

Ini karena informasi yang disampaikan di seminar tersebut, begitu emosional sehingga anda juga terbawa suasana.

Tapi apa yang terjadi setelah seminggu/dua minggu kemudian? hahaha…

#9. Pikiran bawah sadar terhubung 1 sama lain.

Ini adalah fakta unik tentang pikiran bawah sadar yang cukup mencengangkan.

Tahukah anda bahwa pikiran bawah sadar anda dan pikiran bawah sadar saya di sini, itu terhubung. dan Saling berkomunikasi.

Meski bahasa dan cara berkomunikasinya tidak bisa dipahami secara sadar.

Jika memahami ilmu ini, anda akan tercengang bahwa pikiran bawah sadar anda akan selalu mengarahkan anda untuk bertemu dengan orang-orang, benda atau kejadian yang selalu anda pikirkan secara terus menerus.

Salah satu bukti bahwa anda bisa sampai di website ini, dan membaca penjelasan tentang pikiran bawah sadar ini, kemungkinan sebab anda memikirkan tentang hal ini sebelumnya.

#10. Pikiran bawah sadar manut sama orang yang dianggap berpengaruh

Nah, ketika tiba gilirannnya bertemu dengan orang-orang yang diidolakan, atau dikagumi, atau dianggap memiliki pengaruh, bisa berupa tokoh, artis, ulama, motivator, guru, orang tua, maka pikiran bawah sadar akan cenderung membuka pintu untuk menerima semua yang disampaikan orang tersebut.

Contoh, ketika seseorang nge-fans dengan seorang artis, maka ia akan cenderung menyamai orang tersebut. Mulai dari cara bicara, pola pikir, gaya hidup, bahkan sampai gaya berpakaian.

Tidakkah anda perhatikan orang-orang yang begitu menyukai anime, cosplay, dan semacamnya. Mereka sampai rela berdandan seperti itu.

Contoh lain misalnya, Ust. Abdul Somad begitu dikagumi dan dianggap ulama berpengaruh di Indonesia, maka kita cenderung membuka pikiran untuk menerima nasehat-nasehatnya. Ada orang yang sampai rela mengeluarkan uang, transortasi yang jauh, hanya untuk mendengar Ust. Abdul Somad berdakwah.

#11. Pikiran bawah sadar cenderung menyerupai orang-orang yang sama atau sekelompok

Selain tokoh berpengaruh, pikiran bawah sadar juga cenderung mencari dan menyamai orang-orang yang sama dan sekelompok dengannya.

Itulah mengapa orang-orang begitu senang berkomunitas. Segala macam komunitas ada.

Sebab dalam komunitas kita bertemu dengan orang-orang yang punya kesamaan dengan kita.

Akhirnya di dalam komunitas ini, kita membicarakan hal-hal yang sama, memakai baju yang sama, pergi bersama-sama. Dan sebagainya.

Nah itu semau termasuk dalam fakta unik dari pikiran bawah sadar.

#12. Pikiran bawah sadar tak ubahnya seorang anak kecil

Jika anda amati seorang anak kecil, begitulah pikiran bawah sadar bekerja. Sifatnya, cara kerjanya semua seperti anak kecil.

Seorang anak kecil itu ngeyel. Ketika menginginkan sesuatu, ia akan ngotot sampai ia mendapatkan apa yang diinginkannya.

Begitu pula pikiran bawah sadar. Ketika anda menginginkan sesuatu, dan anda menanam keinginan itu ke dalam pikiran bawah sadar anda.

Maka pikiran bawah sadar anda akan ngotot mewujudkan keinginan itu untuk anda, bahkan tanpa anda sadari sekalipun.

#13. Pikiran bawah sadar adalah jembatan doa kepada Tuhan

Ini juga adalah salah satu fakta unik pikiran bawah sadar yang wajib anda ketahui.

Agar anda tahu bagaimana mekanisme doa bekerja.

Antara doa anda dan Tuhan, ada jembatan yang menghubungkannya, dan itu adalah pikiran bawah sadar. Hal ini diungkap oleh Napoleon Hill dalam bukunya Think and Grow Rich.

Ada kekuatan pikiran bawah sadar yang memungkinkannya terhubung dengan Zat Yang Maha Tinggi dan Cerdas.

Pikiran bawah sadar identik dengan hati. Dan ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad yang mengatakan, “Ada segumpal daging dalam diri manusia, yang jika daging itu baik, maka baiklah seluruh hidup seseorang. Jika ia buruk, maka buruklah seluruh hidupnya. Itulah hati.

Sebuah hadist lain berbunyi, “Jika Allah ingin memberi petunjuk kepada anak adam, maka Ia akan memberi petunjuk pada hatinya.

Nah, itulah 13 Fakta Unik mengenai pikiran bawah sadar manusia.

Mengetahui fakta-fakta ini, semoga anda bisa menyikapi dan memperlakukan pikiran bawah sadar anda dengan lebih bijaksana.

Jika ingin belajar lebih lanjut mengenai pikiran bawah sadar, silahkan subscribe di kolom yang sudah tersedia. Sekian. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *