Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih Dengan Hipnoterapi [Study Kasus]

Cara Mengatasi Kecemasan BerlebihApa Itu Kecemasan Berlebih ?

Bisakah mengatasi kecemasan berlebih dengan hipnoterapi? Artikel ini adalah cerita bagaimana saya menangani kasus kecemasan berlebih yang dialami oleh seorang klien saya. Dan bagaimana ia akhirnya bisa sembuh dengan hipnoterapi.

Tapi sebelumnya, Mari kita lihat apa kata beberapa pakar terkait kecemasan berlebih?

Menurut Sutardjo Mihardja tahun 2005, mengatakan bahwa kecemasan ini merupakan hal yang wajar yang setiap orang. dan sering dialami, bahkan beberapa orang menganggap bahwa kecemasan ini Salah satu bagian dari kehidupan mereka sehari-hari Kecamatan merupakan sebuah perasaan di mana seseorang itu merasa ketakutan berlebih mereka kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas bahkan selalu merasa ingin mati.

Menurut Kholil Lur Rochman tahun 2010 dia mengatakan bahwa kecemasan ini merupakan suatu perasaan yang tidak diketahui yang mengakibatkan ketegangan mental dan begitu mengkhawatirkan sebagai reaksi umum dari ketidakmampuan mengatasi suatu masalah dan tidak adanya rasa nyaman perasaan yang tidak menentu ini tentunya tidak menyenangkan dan biasanya akan menimbulkan bahan fisiologis dan psychologist.

Gejala-Gejala Kecemasan

  1. Adanya sebuah emosi yang tidak stabil kau marah mood yang berubah kadang merasakan excited atau heboh yang memuncak tiba-tiba terkadang pula depresi.
  2. Sering merasa mual dan muntah pegal mudah berkeringat tubuh gemetar atau salah satu bagian tubuh gemetar biasanya pula disertai dengan diare
  3. Biasanya seseorang yang mengalami kecemasan mengalami sebuah Fantasi delusi ilusi.
  4. Muncul ketegangan dan ketakutan yang kronis yang menyebabkan jantung jadi sangat cepat berdetak atau tekanan darah tinggi.

Sedangkan menurut Nevid Jeffrey S Spencer dan Granny Beverly tahun 2005, mengklasifikasikan tiga jenis gejala-gejala kecemasan. Atau biasa juga dikenal sebagai Generalized Anxiety Disorder Symptoms.

  1. Gejala kognitif dari kecemasan yaitu keyakinan bahwa sesuatu hal Sebutkan akan terjadi ketakutan akan ketidakmampuan dalam mengatasi sebuah masalah khawatir tentang sesuatu perasaan terganggu. Pikiran terasa bercampur aduk kebingungan dan sulit konsentrasi.
  2. Gejala fisik dari kecemasan yaitu marah atau tersinggung, mood mudah berubah untung berdetak kencang getar mudah berkeringat gelisah panas dingin.
  3. Gejala behavioral dari kecamatan yaitu berperilaku menghindar terguncang independen.

Pada saat ini kita belum menemukan penyebab dari kecemasan,karena penyebab setiap orang berbeda-beda dalam hal memunculkan rasa kecemasan tersebut.

Cara menangani kecemasan berlebih memang tidak semudah apa yang kita lihat dan baca di internet, Namun saya sangat merekomendasikan anda untuk datang ke Psikolog, Psikiater Atau Hipnoterapis.

Sebagai hipnoterapis, Saya begitu banyak menangani kasus yang berkaitan terhadap kecemasan berlebih. Saya menemukan banyak hal yang menjadi pemicu seseorang mengalami kecemasan berlebih. Dalam prakteknya hipnoterapi menangani kecemasan berlebih dengan cara mencari akar masalah terdapat di pikiran bawah sadar seseorang karena pada pikiran bawah sadar lah semua kejadian lalu yang menyebabkan seseorang itu mengalami kecemasan tersimpan sehingga akhirnya hypnotherapy harus mencari akar masalah tersebut membereskannya sehingga Issue awal dari kecemasan berlebih ini dapat diminimalisir atau dihilangkan.

Saya banyak mendapatkan klien yang mengalami kecemasan berlebih dengan masa lalu yang begitu buruk.

Ada yang pada masa kecilnya Iya mau minum obat yang begitu banyak dan tiba-tiba ia overdosis dan ia begitu cemas ketika mengalami sakit akan ingin mati pada saat itu. Pada akhirnya orang tersebut mengalami kecemasan.

Ada juga seseorang yang mengalami kecemasan di pikiran bawah sadarnya terdapat sebuah luka batin yang begitu hebat Iya dia takut takuti akan kematian bahwa kematian itu menyakitkan Jika kamu mati kamu akan masuk neraka ketika kamu mati kamu akan disiksa dan sebagai airnya sebut selalu mengalami kecemasan dan selalu melindungi dirinya dari bahaya-bahaya yang mengancam hidupnya.

Ini adalah salah satu studi kasus, dalam mengatasi kecemasan berlebih dengan menggunakan hipnoterapi.

Study Kasus Sembuh Dari Kecemasan Berlebih dengan Hipnoterapi

Kecemasan Berlebih, Mendengar Berita Kematian, Sembuh dalam 2 sesi ?

Sebut saja namanya Bpk. Bowo (Samaran), Usianya 34 tahun Bpk. Bowo kerja sebagai salah satu kepala ruangan di salah satu Rumah Sakit Swasta di Makassar.

Sudah 21 tahun ia mengalami kecemasan berlebih ini. JAntungnya ingin copot, keringat pada bagian dahi, tengkuk, dada dan punggung. “Bahkan langsung ingin pingsan”, Kata Bpk. Bowo.

Sebelumnya saya ingin sampaikan dalam tulisan ini Bpk. Bowo sudah melalui Hipnoterapi selama 2 sesi. Mari kita lanjut.

Bpk. Bowo makin tersiksa, ketika Bpk. Bowo masuk kuliah keperawatan hingga menempuh M.Kep.

Setiap kali praktek-magang di Rumah Sakit Ia sering mendapatkan kecemasan ini. Pasien meninggal di IGD, ICU dll.

Sudah sering dia menolak untuk dikuliahkan di salah satu fakultas keperawatan ini di Makassar, tapi Bpk. Bowo tidak bisa menolak.

Paman Bpk. Bowo adalah seorang kepala puskesmas di salah satu provensi SUL_SEL, Pamannya inilah yang membiayai kuliah Bpk. Bowo hingga S.Kep, Ns.

Pamannya, menjanjikan Bpk. Bowo, jika sudah Ns, dia akan dipekerjakan di Rumah Sakit swasta, tempat kerabat-kerabatnya bekerja.

Bpk. Bowo yang berasal dari keluarga yang sederhana, tidak mampu membayar biaya kuliah, harus ikut nasehat pamannya.

Ayah pak Bpk. Bowo sudah lama meninggal.

Ibunya hanya buruh cuci dengan gaji Rp 50.000,-/bulan ditahun Bpk. Bowo masuk kuliah.

Sehingga tidak ada jalan lain selain mengikuyti pamannya, agar bisa sukses dan membahagiakan Ibunya.

Bpk. Bowo mendapatkan informasi Hipnoterapi, dari Google dengan kata kunci “Klinik Hipnoterapi di Makassar”, Alhamdulillah pak Bowo, siap untuk menjalani sesi hipnoterapi.

Oh iya, Itu beberapa cerita singkat sebelum saya melakukan hipnoterapi kepaada Bpk. Bowo.

Setelah saya menjelaskan ke Bpk. Bowo. bahwa hipnoterapi itu ilmiah, beda dengan hipnosis untuk hiburan seperti yang ada di tv, tidak kehilangan kesadaran dan bagaimana hipnosis bisa mengatasi kecemasannya,

Bpk. Bowo. siap menjalani sesi selanjutnya, yaitu memasuki kondisi hipnosis.

Memasuki Kondisi Hipnosis untuk Mengatasi Kecemasan Berlebih

Langsung saja saya arahkan Bpk. Bowo. ke kursi terapi, setelah ia duduk, lansung saja saya melakukan induksi khusus yang saya modifikasi, sehingga Bpk. Bowo. langsung masuk kedalam kondisi hipnosis begitu dalam.

Setelah itu saya mengajak dia mundur kemasa lalu, masa dimana ia pertama kali mulai merasa cemas yang berlebih.

Ooh ternyata, 10 tahun yang lalu, Ia duduk di Sekolah Dasar. Pada pelajaran kedua, Ia mendatkan kabar jika Ayahnya meninggal karena kecelakaan.

Ayahnya meninggal dikarenakan ditabrak oleh truck dan maaf kepalanya p***h. Kakak Bpk. Bowo. yang juga ikut bersama bapaknya kepasar menjual baju bekas, ikut meninggal dalam peristiwa itu.

Mendapatkan kabar ini, Bpk. Bowo. yang sedang menyimak pembelajaran, tiba-tiba berteriak histeris. Dan langsung lari dari kelas pulang kerumah.

Jaraknya lumayan jauh 1-2 KM. Disaat pulang, pak bowo begitu ketakutan, lemas, jantung ingin copot, berteriak sepanjang jalan.

Untung belum jauh, Gurunya yang mengejar Bpk. Bowo. langsung mengantarnya pulang.

Dalam perjalanan pulang, Bpk. Bowo. sempat pingsan. Dan ketika pak Bowo sadar, Bpk. Bowo. sudah berada di pinggir jalan, melihat seseorang yang kepalanya p***h.

Sontak pak Bowo teriak, takut dan cemas. Ternyata itu adalah ayahnya. yang belum ada petugas kesehatan yang mengevakuasi ayah dan kakaknya.

Bpk. Bowo yang melihat kematian tragis ayahnya, ia tidak terima kenapa seperti itu, bahkan ia tidak berani mendekati ayahnya.

Ia ketakutan setegah mati. Tak berselang kemudian Bpk. Bowo pingsan lagi.

Hingga dia tersadar, Ia sudah berada di Rumah sakit. Ia melihat Ibunya, menangis histeris. Ia sempat melihat ibunya pingsan.

Ketika Bpk. Bowo mulai memperbaiki kesadarannya, Ia mendengar kabar, Jika kakaknya juga tidak bisa terselamatkan.

Bpk. Bowo kemudian begitu shock, akhirnya pingsan kembali. Bpk. Bowo juga diperiksa oleh dokter karena ia pingsan sebanyak 3 kali.

Kata dokter, ini juga dipengaruhi karena Bpk. Bowo tidak pernah makan sejak malam. sehingga fisiknya begitu lemas.

(Bpk. Bowo tidak memiliki makanan pada saat malam sebelum Bpk. Bowo mendapatkan kejadian na’as tsb).

Kemudian saya mencari kembali, peristiwa lainnya, peristiwa apa lagi yang membuat dia ketakutan ketika mendapatkan kabar kematian.

Ok, Dapat, Sewaktu di SD kelas 4, Ia mendapatkan berita kalau kakeknya jatuh dari pohon kelapa, kepala p***h, dan tangannya patah.

Ia sontak berteriak kembali, dan langsung lari dari kelas dan ingin segera melihat kakekknya, Ingatan terhadap kematian bapak dan kakaknya teringat kembali.

Ia begitu lemas hingga pingsan ditengah jalan. Ia baru sadar setelah kakeknya terbungkus kain kafan

Inilah semua yang menyebabkan Bpk. Bowo begitu takut jika mendengar berita kematian. baik ia melihat langsung, ataupun hanya mendengar dari toak mesjid.

Yakin tidak ada masalah lagi, Kemudian saya melakukan reprogramming, dan edukasi ulang kepada Bpk. Bowo, jika kematian kapan saja bisa datang,

Entah bagaimana caranya, dimana dllnya.

Saya juga mengajak Bpk. Bowo lebih banyak berserah diri dan menerima rasa cemas itu menjadi satu bagian didalam tubuh dan pikiran dia.

(Teknik lainnya : Gestalt, Inner Child, EFT).

Alhamdulillah sesi petama selesai. Ia mengabarkan bahwa dirinya sudah biasa biasa saja melihat atau mendengar berita orang meninggal.

Memang pada padasarnya, Saya tidak langsung menghipnoterapinya pada keesokan harinya. Karena saya ingin melihat Bpk. Bowo mengalami beberapa peristiwa didalam hidupnya, yang memicu rasa cemas itu terjadi.

Alhamdulillah seminggu kemudian, dia datang kesaya, Ia mengabarkan rasa cemas itu masih tersisa di skala 2.

Alhasil, di sesi kedua, saya menghabiskan kecemasannya hingga keskala 0 . Malam ini saya mendapatkan kabar, Jika ia benar-benar sembuh

dari rasa cemas yang dia derita selama 21 tahun.

Sekian review dari kasus klien saya yang mengalami kecemasan. Terima kasih sudah membaca.

Coach Risman.A
Hipnoterapis Makassar

Salama’ ki tapada salama’

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

  1. Memahami Bagaimana kecemasan itu muncul.
  2. Tenang dan jangan panik.
  3. Pikiran harus tetap positif.
  4. Tarik nafas panjang 3 detik, lalu hembuskan.
  5. Lihat di sekeliling anda Adakah orang yang bisa membantu anda, jika ada anda tidak perlu khawatir. Namun jika tidak ada tetaplah tenang dan perbanyak istighfar karena kecemasan itu muncul hanya beberapa 5-7 menit saja.
  6. Alihkan pikiran ke hal-hal yang positif dalam hal ini dari berpikir akan rasa takut kecemasan ke arah yang lebih menyenangkan dan bahagia.
  7. Perbanyak mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  8. Anda harus rajin berolahraga minimal 2 kali seminggu agar tubuh anda menjadi lebih sehat lebih Fit agar lebi mudah melawan kecemasan berlebih tersebut.
  9. Hindari hal-hal yang membuat Anda stres berat, Agar anda menjadi lebih bahagia senang dan menikmati hidup,
  10. Meditasi atau relaksasi.
  11. Anda boleh mendapatkan bantuan profesional seperti Psikologi, psychotherapist dan hipnoterapi.

Jika anda membutuhkan bantuan Hipnoterapis untuk mengatasi kecemasan berlebih, anda bisa menghubungi (whatsapp) 0896.1361.2972.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *