18 Cara Efektif Mengatasi Kecemasan Berlebih – Hipnoterapi

Saya banyak menangani kasus kecemasan berlebih di klinik hipnoterapi saya yang di makassar. Untuk membaca berbagai kasus yang saya tangani dengan hipnoterapi. Anda bisa klik disini,

Menurut Sutardjo Wiramihardja, tahun 2005:66 kecemasan merupakan hal wajar yang pernah dialami oleh setiap manusia. Kecemasan sudah dianggap sebagai bagian dari kehidupan  sehari-hari.

Kecemasan adalah suatu perasaan yang sifatnya umum, dimana seseorang merasa ketakutan atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya.

Sedangkan

Kaplan, Sadock dan dan Grebb (dalam Fausiah & Widury, 2007) menyatakan bahwa kecemasan adalah respon terhadap situasi tertentu yang mengancam, dan merupakan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan, serta dalam menemukan identitas diri dan arti hidup.

Pada kadar yang rendah, kecemasan membantu individu untuk bersiaga mengambil langkah-langkah mencegah bahaya dan atau untuk memperkecil dampak bahaya tersebut.

Menurut Atkinson (dalam Fitriani, 2010) ada dua cara untuk mengatasi kecemasan, yaitu pertama dengan menitikberatkan masalah, individu menilai situasi yang dapat menimbulkan kecemasan dan melakukan sesuatu untuk mengubah atau menghindarinya.

Kedua, dengan menitikberatkan emosi, individu berusaha mereduksi perasaan cemas melalui berbagai cara dan tidak secara langsung menghadapi masalah yang menimbulkan kecemasan itu.

Sehingga untuk mengatasi perasaan cemas yang bisa dialami oleh siapa saja dalam situasi tertentu, individu tersebut tentunya mempunyai kemampuan untuk mengatasinya sendiri.

Berikut ini dijelaskan ciri-ciri kecemasan Menurut Nevid, dkk tahun 2005

Ciri – ciri fisik kecemasan

  1. Kegelisahan, kegugupan
  2. Tangan atau anggota tubuh bergetar
  3. Banyak berkeringat
  4. Telapak tangan berkeringat
  5. Pening
  6. Mulut atau kerongkongan terasa kering
  7. Sulit berbicara
  8. Sulit bernapas
  9. Bernapas pendek
  10. Jantung berdebar keras atau berdetak kencang
  11. Suara yang bergetar
  12. Jari-jari atau anggota tubuh menjadi dingin
  13. Leher atau punggung terasa kaku
  14. Sensasi seperti tercekik atau tertahan
  15. Sakit perut atau mual
  16. Sering buang air kecil
  17. Wajah terasa memerah
  18. Diare

Ciri – ciri Behavioral (perilaku) kecemasan

  1. Perilaku menghindar
  2. Perilaku melekat dan dependen
  3. Perilaku terguncang

Ciri – ciri Kognitif dari kecemasan

  1. Khawatir tentang sesuatu
  2. Perasaan terganggu akan ketakutan atau aprehensi terhadap sesuatu
  3. yang terjadi di masa depan
  4. Keyakinan bahwa sesuatu yang buruk atau mengerikan akan segera
  5. terjadi, tanpa ada penjelasan yang jelas
  6. Terpaku pada sensasi tubuh
  7. Sangat sensitif terhadap sensasi tubuh
  8. Merasa terancam oleh orang atau peristiwa
  9. Ketakutan akan kehilangan kontrol
  10. Ketakutan akan ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah
  11. Berpikir bahwa dunia akan runtuh
  12. Berpikir bahwa semuanya sudah tidak bisa dikendalikan
  13. Berpikir bahwa semuanya sangat membingungkan tanpa bisa diatasi
  14. Khawatir terhadap hal sepele
  15. Berpikir tentang hal yang mengganggu yang sama secara berulangulang
  16. Pikiran terasa campur aduk
  17. Tidak mampu menghilangkan pikiran-pikiran negatif
  18. Berpikir akan segera mati
  19. Khawatir akan ditinggalkan sendiri
  20. Sulit berkonsentrasi atau memusatkan perhatian

Cara Mengatasi dan Menangani Kecemasan Berlebih

Penanganan Biologis

Penaganan biologis diberikan obat-obat antipanik. Beberapa obatan tersebut menunjukkan keberhasilan sebagai penanganan biologi bagi penderita gangguan panic.

Obat-obatan tersebut mencakupAantidpresan (seperti Selective Serotonin Re-uptake (SSRI), Serotonin and Norepinephrine Reuptake Inhibitors (SNRI), Trisiklik, Monoamine Oxidase Inhibitors (MAOIs), dan Noradrenaline andSpesifik Serotonergic Antidepressants (NASSAs) dan benzodiazepine (seperti Alprazolam atau Xanax).

Pada sisi negatif pemberian obat-obatan dihentikan karena adanya efek samping seperti rasa gugup, berat badan bertambah, serta denyut jantung dan tekanan darah yang meningkat (Taylor dkk; dalam Davison, dkk 2004).

Pada pemakaian benzodiazepine memberikan efek kecanduan dan menghasilkan samping kognitif dan motorik, seperti berkurangnya ingatan dan sulit dalam mengemudi.

Walaupun hasilnya yang efektif, penanganan dengan obat-obatan harus terus dilakukan dalam waktu yang tidak terbatas karena sintom-sintom selalu muncul apapbila dihentikan (Fyer, Sabdberg, & Klein; dalam Davison, 2004).

Penanganan Psikologis

Penangan biologis dengan pemberian pemaparan pada terapi dapat berguna dalam gangguan panik dengan agoraphobia. Beberapa studi menemukan bahwa efek pemaparan meningkat saat pasien didorong untuk rileks, namun tidak adanya manfaat tambahan dari relaksasi.

Penanganan psikologis terhadap gangguan panik telah berubah seiring berjalannya waktu. Barlow dan rekan-rekannya mengembangkan terapi pengendalian kepanikan (PCT-Panic Control Therapy) yang memiliki tiga komponen, yaitu:

Training relaksasi Hipnoterapi.

  1. Kombinasi intervensi behavioral kognitif dari Ellis dan Beck.
  2. Pemaparan dengan tanda-tanda internal yang emmicu kepanikan. (Craske & Barlow; dalam Davison,dkk, 2004)
  3. Psikoterapi

Psikoterapi merupakan salah satu jenis konseling yang dapat mengatasi gangguan kecemasan berlebihan. Psikoterapi akan membantu Anda menceritakan dan membicarakan apa yang Anda rasakan.

Psikoterapi juga bisa memberikan saran tentang bagaimana memahami serta mengatasi gangguan kecemasan yang Anda alami.

Bagaimana Hipnoterapi bisa menyembuhkan kecemasan berlebih, silahkan klik disini

Untuk informasi, Hipnoterapis di Makassar, silahkan klik disini

Terapi perilaku kognitif

Ini merupakan jenis psikoterapi di mana terapis akan mengajarkan Anda bagaimana mengenali dan mengubah pola pikir, serta perilaku yang dapat memicu kecemasan berlebihan.

Terapi Seni

Mengelola stres dengan relaksasi atau meditasi dapat membantu mengatasi kecemasan berlebihan pada seseorang. Terapi ini dapat meningkatkan hasil terapi lain yang Anda lakukan. Dukungan keluarga juga sangat penting dalam pemulihan seseorang dari gangguan kecemasan berlebihan.

Terapi seni menggunakan kesenian sebagai media untuk mengekspresikan konflik dan permasalahan yang dialami oleh seseorang. Dengan kata lain, terapi ini menjadikan seni sebagai metode untuk mengekspresikan diri.

Selain mengatasi ansietas, terapi seni berguna untuk membantu menyelesaikan permasalahan dan konflik dalam diri, mengatasi perilaku tertentu, meningkatkan kesadaran diri, mengurangi stres, dan meningkatkan kemampuan interpersonal.

Terapi seni juga cocok sebagai sarana untuk mengeksplorasi dan lebih mengenal diri sendiri, meningkatkan keberhargaan diri dengan mengapresiasi diri melalui karya seni yang sudah dibuat, dan sebagai sarana untuk melepas stres dan cara untuk mengungkapkan emosi yang sulit dijelaskan secara verbal.

Sholat sebagai Terapi bagi Pengidap Penyakit Kecemasan

Rasulullah saw. senantiasa mengerjakan salat ketika sedang ditimpa masalah yang membuat beliau merasa tegang. Diriwayatkan dari sahabat Hudzaifah r.a. bahwa dia telah berkata,

”Jika Nabi SAW merasa gundah karena sebuah perkara, maka beliau akan menunaikan salat” (HR. Abu Daud).

Dan “Kerjakanlah salat malam, sebab ia merupakan kebiasaan orangorang salih sebelum kamu pada zaman dahulu. Ia juga merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, sebagai penebus amal kejahatan-kejahatanmu, pencegah dosa, dan penangkal penyakit pada badan” (HR. Tirmidzi).

Hubungan seseorang dengan Tuhannya ketika salat akan menghasilkan kekuatan spiritual sangat besar yang memberikan pengaruh pada perubahan penting dalam fisik dan psikisnya. Kekuatan spiritual ini seringkali menghilangkan stres, menyingkirkan kelemahan, dan menyembuhkan berbagai penyakit. Para dokter menyebutkan

adanya penyembuhan yang begitu cepat untuk beberapa jenis penyakit ketika  penderitanya berada di lokasi ibadah haji maupun lokasi ibadah yang lainnya (Najati, 2003: 402-403)

Terapi Musik

Terapi musik juga dapat mengurangi kecemasan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Thomson dan Grocke (2008) menunjukan, bahwa terjadi penurunan signifikan kecemasan pada kelompok eksperimen dalam pengukuran kecemasan ESAS (Edmonton Symptom Assesment System) (p = 0,005).

Sebuah analisis pasca hoc menunjukkan, bahwa ditemukan penurunan yang signifikan pada ukuran lainnya di ESAS pada kelompok eksperimental, khususnya sakit nyeri (p = 0,019), kelelahan (p = 0,024) dan mengantuk (p= 0,018).

Penelitian ini menunjukkan bahwa terapi musik dapat mengelola kecemasan pada pasien yang pernah menderita sakit parah dan telah sembuh.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Conrad dan Roth (2007) menyatakan bahwa terapi relaksasi otot mempunyai peranan yang penting dalam pengobatan modern, khususnya pada gangguan kecemasan, meskipun secara klinik hal ini tidaklah cukup efektif dalam menangani kecemasan.

Pengendalian pernafasan

Pengendalian pernafasan merupakan suatu teknik untuk mengendalikan nafas yang sifatnya cepat dan memfokuskan diri pada pernafasan. Orang yang sedang mengalami kecemasan cenderung bernafas dengan cepat dan dangkal karena adanya perasaan panik atau khawatir. Padahal hal ini dapat meningkatkan rasa cemas.

Menurut Wayne (2003) pernafasan yang lebih lambat dan dalam hampir selalu memiliki efek menenangkan. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling cepat untuk menghentikan serangan panik.

Cognitif Behavior Therapy

Cognitif Behavior Therapy adalah suatu pendekatan belajar teradap terapi yang menggabungkan teknik kognitif dan behavioral.

Terapi ini berusaha untuk mengintegrasikan teknik-teknik terapiutik yang berfokus untuk membantu individu melakukan perubahan-perubahan, tidak hanya pada perilaku yang nyata, tetapi juga dalam pemikiran, keyakinan, dan sikap yang mendasarinya (Nevid & Neal, 2005)

Terapi Warna

Menurut Jane (2012) terapi warna adalah teknik mengobati penyakit melalui penerapan warna, agar tubuh tetap sehat dan memperbaiki ketidakseimbangan di dalam tubuh sebelum hal itu menimbulkan masalah fisik maupun mental.

Beberapa metode terapi warna yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Pernapasan warna; yaitu teknik bernafas dengan membayangkan sewaktu menghirup dan menghembuskan nafas dengan warna-warna tertentu.
  2. Meditasi; membayangkan atau berimajinasi untuk memusatkan perhatian pada objek tertentu yang bersifat citraan/visual, yang mengandung warna-warna, sehingga dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh.
  3. Air solarisasi; yaitu dengan menggunakan botol maupun gelas atau air dengan warna-warna tertentu, kemudian air tersebut diminum.
  4. Aurasoma; teknik ini menggunakan botol-botol kecil yang berisi lapisan warna dari minyak esensial dan ekstrak tumbuhan.
  5. Warna kain sutra; yaitu teknik terapi warna yang menggunakan kain sutra.

Selain itu menurut Wauters dan Thomson dari hasil pengamatannya (dalam Lasmono, 2009) menyebutkan bahwa warna-warna dapat dimanfaatkan untuk pengobatan dan menunjang proses penyembuhan, karena dalam hal ini warna dapat memberikan suasana yang tenang, damai, dan nyaman dalam beristirahat, antara lain :

  • Warna hijau menimbulkan efek fisik menenangkan sistem saraf, digunakan untuk berbagai macam masalah kesehatan berkenaan dengan organ jantung dan tekanan darah yang tidak normal.
  • Efek psikologis warna hijau merupakan warna keseimbangan, sangat bermanfaat untuk kondisi-kondisi emosional anak pada saat stress, emosi, dan mengalami rasa takut di rumah sakit.
    • Warna biru menimbulkan efek fisik memperkuat kondisi tubuh dan pikiran, menenangkan kondisi jiwa anak yang sedang galau saat menjalani perawatan. Sedangkan efek psikologisnya adalah memulihkan stress dan menciptakan kondisi yang tenang bagi pasien anak.

Menurut Birren (dalam Lasmono, 2009) kegunaan warna yang berhubungan dengan kesehatan, antara lain:

  • Warna hijau dianggap memiliki kekuatan untuk penyembuhan dan kemampuan untuk menenangkan dan menyegarkan.
  • Warna biru berhubungan dengan hal yang positif, lebih produktif dan warna kedamaian.

Acceptance

Banyak orang menganggap untuk mengatasi kecemasan, maka hal yang paling baik adalah di hilangkan atau tidak dipikirkan. Well, sayangnya itu hal yang salah. Cara yang paling baik adalah menerima bahwa kamu memiliki kecemasan.

Akuilah bahwa kamu cemas bila pergi sendiri, atau berada didekat orang yang tidak dikenal. Hal ini tidak akan menjadikan kamu panik, lama kelamaan dengan terbiasa, kamu tidak akan menjadi terlalu cemas, tapi kamu tetap memiliki awareness terhadap kecemasan kamu.

Hal yang positif, karena kecemasan sebenarnya adalah salah satu pertahana psikologis kita untuk melindungi diri sendiri. Percayalah, dengan merangkul kecemasan tersebut, kamu malah akan menjadi pribadi yang attentif dan disukai orang.

Change Your Mind Set

Banyak orang menganggap untuk mengatasi kecemasan, maka hal yang paling baik adalah di hilangkan atau tidak dipikirkan. Well, sayangnya itu hal yang salah. Cara yang paling baik adalah menerima bahwa kamu memiliki kecemasan.

Akuilah bahwa kamu cemas bila pergi sendiri, atau berada didekat orang yang tidak dikenal. Hal ini tidak akan menjadikan kamu panik, lama kelamaan dengan terbiasa, kamu tidak akan menjadi terlalu cemas, tapi kamu tetap memiliki awareness terhadap kecemasan kamu.

Hal yang positif, karena kecemasan sebenarnya adalah salah satu pertahana psikologis kita untuk melindungi diri sendiri. Percayalah, dengan merangkul kecemasan tersebut, kamu malah akan menjadi pribadi yang attentif dan disukai orang.

Minum Teh Kamomil

Sebuah penelitian yang dilakukan tim ahli dari University of Pennsylvania Medical Center menguak bahwa kandungan apigenin dan luteolin dalam kamomil mampu menenangkan pikiran Anda.

Gejala kecemasan pada peserta penelitian yang minum esktrak kamomil selama dua bulan terbukti berkurang. Maka, Anda juga bisa coba minum teh kamomil secara rutin untuk mengurangi kecemasan.

Minyak Lavender

Lavender memiliki khasiat meredakan kecemasan yang sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Bahkan sejumlah penelitian telah membuktikan ampuhnya minyak lavender untuk mengatasi berbagai gejala gangguan kecemasan.

Menurut para ahli, aroma dari ekstrak bunga lavender juga bisa menurunkan tekanan darah. Jika Anda sedang stres atau cemas, biasanya tubuh memang bereaksi dengan cara meningkatkan tekanan darah.

Anda bisa menggunakan minyak lavender untuk pijat, mandi, atau sebagai aromaterapi penghantar tidur. Namun, pastikan minyak lavender yang Anda pilih murni alias tidak mengandung berbagai zat kimia tambahan.

Berolahraga

Tak perlu sampai berolahraga keras seharian, Anda cukup bergerak selama 20-30 menit saja tiap hari. Dokter spesialis kejiwaan dari Columbia University, dr. Drew Ramsey menjelaskan bahwa rutin berolahraga selama kira-kira setengah jam bisa mengurangi kecemasan, membuat Anda lebih tenang, serta kian percaya diri.

Jika belum terbiasa berolahraga, Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik turun tangga, dan berenang.

Makan Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Sebuah studi dalam jurnal Brain, Behavior, dan Immunity membuktikan bahwa kandungan tersebut dapat meringankan gejala kecemasan hingga depresi. Pasalnya, asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.

Konsumsi Cokelat Hitam

Ngemil bisa meredakan kecemasan berlebihan, lho. Asal Anda memilih camilan atau minuman cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam bisa membantu menyeimbangkan hormon sehingga kadar stres Anda berkurang. Senyawa polifenol dalam cokelat hitam juga bisa merawat berbagai sel dan jaringan otak yang terganggu karena kecemasan Anda.

Namun saran saya, anda baiknya ke Hipnoterapis, Psikolog atau ke Psikiater jika semua yang ada diatas anda sudah coba namun tidak membuahkan hasil

Tags :

Kecemasan adalah, artinya, adalah pdf, akan masa depan, atau gelisah tts, asam lambung, akan penyakit, asam lambung naik, akibat asam lambung, berlebihan, bahasa inggris, berlebihan mengakibatkan, bikin mual, bikin sesak nafas,

berlebihan terhadap penyakit, berlebihan menurut islam, berlebihan jantung berdebar, berlebihan saat hamil, cara menghilangkan, ciri berlebihan,

contoh, caption, dan takut, dalam islam, dan gelisah, dan depresi, dan gelisah tanpa sebab, dan stress, dan khawatir, dan mual, dan jantung berdebar setelah berhenti merokok, tes gangguan, adalah, contoh pertanyaan tentang gangguan, anxiety disorder,

perawatan gangguan, kisah anxiety disorder, gelisah tts, gelisah, gamang, gelisah asam lambung, gelisah takut mati, gelisah jantung berdebar, gangguan jin, islam, itu dari setan, itu apa artinya, isse, jantung berdebar, jenius, jiwa, janganlah janganlah takut, jurnal, jangan, kbbi, karena asam lambung, karena takut penyakit,

karena perpisahan pada anak sesuai tumbuh kembang, kronis, khawatir tts, karena gerd, khawatir takut, karena penyakit, karena telat haid, laboratory, lansia, lebih, lucu, menyeluruh, menurut islam, menghindar, menyebabkan, masa depan, menurut kbbi, mual, menyeluruh pdf, mendadak, menurut ustad danu, nyeri dada,

osu, ohio state university, ocd, obat, obat menurut islam, obat berlebihan, obat dan gelisah, obat tanpa resep dokter, obat alami, obat dan depresi, pusakata, pusakata lirik, pasca melahirkan, penyakit, pada lansia, dalam al quran, menurut al quran, ringan adalah,

resesi emas berseri, rasa takut rohani, risau,rasa berlebihan, rasa yang berlebihan, rasa berlebih, setelah minum kopi, sinonim, sosial, saat sakit, sesak nafas, saat akan tidur, setiap hari, sebelum tidur, saat sholat, setelah minum obat, anpa sebab, takut mati, translate, tanpa alasan, terus menerus, takut sakit, takut, tinggi, tanda hamil,

Artikel Lainnya : Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih Dengan Hipnoterapi 

2 Komentar

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

  2. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *