6 Tahun Insomnia Sembuh 1 kali Hipnoterapi

Kali ini saya akan menceritakan klien saya yang mengalami insomnia selama 6 tahun dan Alhamdulillah sembuh dengan 1 kali hipnoterapi

Sebelum mendengarkan kisah klien saya ini, mari kita sedikit mencari tau apa itu Insomnia.

Insomnia adalah ?

Insomnia adalah gangguan pada kuantitas dan kualitas tidur yang mengganggu fungsi. Sedangkan menurut Lopez insomnia adalah kesulitan dalam memulai dan mempertahankan tidur. Pengidap insomnia mengalami tidur yang kurang baik secara kuantitas dan kualitas, sehingga pengidap insomnia tidak merasa segar dan masih mengantuk setelah terbagun

Faktor Penyebab Insomnia

A. Faktor psikologi

Faktor psikologi yang menjadi penyebab insomnia yaitu seperti terjadinya stres yang berkepanjangan, biasanya stres diakibatkan tingkat tuntutan yang tinggi atau keinginan yang tidak tercapai, berita-berita buruk atau kegagalan. Stres sering menjadi pemicu insomnia transient. Penanganan insomnia jenis ini yang harus diselesaikan terlebih dahulu adalah masalah yang membuat stres, setelah masalahnya diselesaikan, biasanya insomnia akan sembuh dengan sendirinya.

B. Faktor problem psikiatri

Faktor problem psikiatri, dalam kehidupan di masa kini yang serba instan, problem psikiatri yang banyak terjadi adalah depresi. Tuntutan prestasi yang semakin tinggi dan gaya hidup yang tidak sehat, semakin membuat orang terus menerus berlomba menjadi yang terbaik, tanpa peduli keadaan dan kondisi masing-masing demi pencapaian prestasi tersebut. Akibatnya, semakin banyak orang yang terus-menerus berpikir. Apabila sudah demikian mereka akan mengalami gangguan tidur.

C. Faktor Fisik

Faktor sakit fisik menyebabkan terjadinya insomnia, selain terganggunya kenyamanan, orang dengan sakit fisik mengalami proses metabolisme dan kinerja tubuh berjalan tidak normal yang
menyebabkan terganggunya tidur. Contoh penyakit fisik seperti asma, flu, sinusitus, dan sebagainya.

d. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan berpengaruh besar terhadap terjadinya insomnia, lingkungan yang bising, seperti lingkungan pesawat terbang, lintasan kereta api, pabrik yang terus beroperasi atau suara tv yang keras dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur. Lingkungan dengan ketegangan, situasi berisik dan pertengkaran yang terus menerus dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Bagi sebagian orang, tidur perlu suasana dan kondisi yang benar-benar tenang. Selain itu suhu dan bau dalam suatu lingkungan akan mempengaruhi pola tidur.

e. Faktor gaya hidup

Faktor gaya hidup yang tidak sehat juga dapat memicu munculnya insomnia. Kebiasaan mengonsumsi kopi, rokok, alkohol, obat penurun berat badan dan jadwal kegiatan yang tidak teratur, juga dapat menjadi penyebab sulit tidur. Mengkonsumsi alkohol, rokok, makanan atau minuman yang mengandung kafein, atau obat penurun berat bedan sebelum tidur akan membuat tubuh tetap terjaga, akibatnya tidur semakin sulit didaptkan.

f. Faktor tidur siang berlebihan

Faktor yang terakhir adalah tidur siang yang berlebihan. Tidur siang bagi sebagian orang memang diperlukan, tapi dalam batas dan keperluan yang sewajarnya. Gunakan waktu di siang hari untuk berkerja dan melakukan aktivitas, sehingga ketika malam sudah tidak ada pekerjaan dan aktivitas, ketika siang hari tubuh digunakan untuk beraktivitas dan bekerja, pada malam hari tubuh akan merasa lelah dan akan mempermudah untuk tidur.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya insomnia yaitu Faktor psikologi yang ditandai dengan stress yang berkepanjangan, keinginan yang tidak tercapai, berita-berita buruk atau kegagalan.

Problem psikiatri yang ditandai dengan depresi. Faktor fisik yang ditandai dengan asma, flu, sinusitus, asam urat dan sebagainya. Faktor lingkungan yang ditandai dengan lingkungan yang bising. Faktor gaya hidup seperti Mengkonsumsi alkohol, rokok, makanan atau minuman yang mengandung kafein, atau mengkonsumsi obat-obatan, dan faktor tidur siang berlebihan.

Kali ini saya akan mengulas kisah klien saya 6 Tahun Insomnia Sembuh 1 kali Hipnoterapi

6 Tahun Insomnia Sembuh 1 kali Hipnoterapi

6 Tahun Insomnia, Tidur kurang dari 30 menit dalam 24 jam.Insomnia memang merupakan gangguan tidur yang sangat mengganggu. Dampaknya beraneka ragam seperti kelelahan, cepat marah, frustasi, hingga depresi.Kali ini klien saya bernama Dg Bunga, usia 42 tahun (nama disamarkan)

Ia mengeluhkan susah tidur, atau Insomnia selama kurang lebih 6 tahun. tidurnya kuran dari 30 menit dalam sehari semalam.Puncaknya dibulan maret masa pandemik di Indonesia masuk, hingga sekarang, hampir tidak memiliki tidur .

Hanya tertidur ketika minum obat …

Kecuali minum obat,Ketika bertemu dengan saya, ia mengatakan ia hampir depresi menghadapi hal ini.Ia sudah ke dokter, psikiater, bahkan memutuskan rongen, karena takut di kepalanya terjadisesuatu hal, iapun menyebutkan bahkan sudah ke orang pintar dan Ruqyah. hingga ke orang pintar.3 tahun ini, ia bergantung dengan obat tidur.

Dalam ke awam annya ia mengatakan, sepertinya ginjalnya sudah bermasalah karena minum obat terus setiap malam.

Namun ketika saya bertanya, bagaimana tanggapan dokter mengenai ginjalnya selama mengkomsumsi obat tidur, dokter mengatakan baik baik saja.Ketika ia konsultasi di meja saya, ia berbicara seperti orang yang telah berpuasa bicara selama bertahun-tahun. bicaranya cepat banget, antusias menceritakan masalahnya, begitu ekspresif.

Ayahnya Meninggal

Ia tak begitu ingat awal mulanya, ia mengalami insomnia, Ia hanya ingat setelah 2 atau 3 minggu Ayahnya meninggal, ia mulai kepikiran banyak hal sehingga ia biasa tertidur diatas jam 2 dini hari.Ia pula menambahkan, seingat dia, kalau ia insomnia karena penyakit non medis, ia menduga ada yang mengirimkan ilmu sihir kepada dirinya.

Hanya saja ditengah pembicaraan ini, suaminya yang membersamai Dg. Bunga mengatakan, “yang saha heran, sudah puluhan kali di Ruqyah, dan mendatangi ust yang di sarankan kepada saya, katanya baik-baik ji, tidak ada masalah non medis”Dg Bunga, dalam pembicaraannya, sepertinya meyakini ia di guna-guna dam lainnya.

Terus Menggali …

Namun dikarenakan ini bukan ranah saya, maka saya mengabaikannya, saya kemudian terus melakukan interview mendalam berbasis Coaching NLP, dan fokus diwilayah pikirannya. Ketika saya bertanya apa-apa saja kira-kira yang membuat ia insomnia, ia mengatakan “saya kurang tau, hanya itu yang saya tau”Pertanyaan ini mentok sampai disini, hingga saya memutuskan untuk melakukan hipnoterapi kepada Dg. Bunga.

Saya menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit untuk melakukan intake interview ini. Ketika prosedur awal sudah dilaksanakan, seperti memberi tau bahwa insomnia itu seperti apa, hipnosis hipnoterapi tidak akan membuat ia kehilangan kesadaran, tidak akan tidur tapi membimbing ia berada pada kondisi tertentu, apakah ia ingin BAB, BAK, apakah ia sudah makan, apakah ada aktifitas lain yang mendesak ketika sepulang dari sini dan 6 persiapan lainnya.

Persiapan

Setelah semua sudah beres, saya langsung melakukan induction, atau membawa Dg. Bunga ke kondisi hipnosis atau berada pada gelombang otakTentu berdasarkan frekuensi dan magnitudo Alfa hingga Theta Deep, yang ditandai dengan perubahan suhu, warna di wajah, REM dan 28 tanda lainnya.

Saya menggunakan induction yang saya ciptakan sendiri dengan memadu padankan teknik Age Regresi berbasis bulan dengan Tempat 10 tempat kedamaian.Kok ribet banget ? yups, orang dengan insomnia, saya berpendapat, orang ini susah untuk memasuki kondisi hipnosis, Jadi dibutuhkan teknik khusus yang membuat pikiran sadarya lelah, lengah dan letih.

Menggunakan Induction Khusus

Tidak akan ngefek jika hanya relaksasi biasa.2 tahun saya menggunakan teknik ini, Alhamdulillah selalu berhasil membawa klien ini berada pada kondisi yang saya inginkan.20 menit lebih berlalu, tiba-tiba saya di tepuk punggung saya oleh suaminya, dan memberikan saya 2 jempol, saya kaget bukan kepalang hehhe, saya kira ada apa.

Lanjut, kemudian saya langsung memperjalas “peristiwa awal” mengapa kemudian Dg. Bunga mengalami Insomnia.Sontak saja, ia langsung memukul tembok, beteriak dan menghentak-hentakkan kakinya di kursi terapi saya.

Bisa anda bayangkan begitu mencekamnya ruangan saya, yang lampunya saya matikan agar klien bisa lebih nyaman .Ini bukan kesurupan, tetapi kami hipnoterapis menyebutnya dengan “State Abnormal” sebuah kondisi yang tidak normal, Sama halnya, ketika anda ditinggal nikah, anda akan menangis, bahkan meraung-raung atau memukul tembok dan laiinnya, ini adalah normal.

Ia berteriak …

Setelah saya tenangkan selama 5 detik, ia kembali tenang, saya pun memberikan Anchor di tangan kanannya, yang dimana ketika ia mengalami abnormal, sisa saya pegang tangannya, ia akan kembali tenang.

Saya lanjut, dan menanyakan awal ia mengalami insomnia, dengan strategi Clean Langauge, iapun sontak berteriak, “Tail**o, Sun***a, Kab***mma kau Darma (samaran), kau ambil semua warisannya bapak, terus kau jebak saya bayar hutangnya bapak 300 juta, saya terus na tagih Debt Collector, An**ng, sekarang kau sakiti saya Lon*e, kau juga Farid (samaran) set*ng kau, kau tipu anak saya bisa masuk PNS, saya sudah bayar kau 90 juta, tapi kau kabur, sekarang saya sama keluarga hidup susah dan menderita”

Kurang lebih seperti itu, ia berteriak sambil marah namun mengeluarkan air mata. tanpa memerah wajahnya menggaungkan keluh kesahnya.

Ternyata ini yang menyebabkan ia 6 Tahun Insomnia

Ternyata Dg. Bunga mengalami kejadian yang buruk di masa lalu, saudarannya mempolitisasi, Sehingga Dg. Bunga tidak mendapatkan warisan sepesepun melainkan hutan.Ia dijebak untuk menandatangani sesuatu hal yang ia tidak ketahui karena keakrabannya dengan Darma saudaranya, sehingga yang ia dapatkan hanyalah hutang usaha bapaknya senilai 300 juta, dan itu terjadi 6 tahun yang lalu.Kemudian,

Yang membuat ia makin terpukul adalah, ia ditipu dengan kakak pertamanya yang kerja sebagai PNS, Ia menanjikan anak satu satunya lulus PNS di 4/5 tahun yang lalu, namun sampai sekarang ia tak kunjung ada kabar.

Disisi lain ia tidak bisa melaporkan kakaknya ke polisi, karena ia tidak mau ada masalah lagi setelah semua ini terjadi. namun di satu sisi, di masa pandemik ini, ia makin gelisah,Suaminya di PHK di salah satu Hotel tempat suaminya bekerja, Dg. Bunga yang seorang IRT, otomatis pemasukannya, bablas. Makanpun susah, anak pertamanya yang buka usaha jasa install laptoppun sepi dari pelanggan.

Beranggapan di Santet …

Ditambah, Dg. Bunga menganggap ia di santet oleh Darma dan kakak pertamanya. (sekali lagi yang seperti ini akan saya abaikan, karena bukan bidang kepakaran saya)Selanjutnya saya mencari peristiwa lainnya, yang membuat Dg. Bunga mengalami insomnia kronis, saya mengajak ia ke masa yang lebih lalu.

Akibat dari 10 Tahun yang lalu

Dapat, 10 tahun yang lalu Dg. Bunga mengalami insiden rugi dalam berbisnis, sehingga ia tidak mendapatkan kepercayaan dari ayah dan 2 saudaranya tersebut.Ia diajak masuk dalam MLM (Multi level Marketing) dengan biaya pendaftaran 10 jt an (paket tertinggi dalam produk MLM tersebut), Ia berani investasi karena Uplinenya menjanjikanJika dalam 2 tahun kamu tidak dapat Rumah seharga 2 M, kapal pesiar, mobil mercy dan keliling luar negeri, ia akan mengembalikan uang pendaftarannya .

Namun dikarenakan 2 tahun ia tak capa target dan pointnya selalu hangus di tutup poin tiap bulannya, ia tak mencapai apapun, ia kemudian menagih janji dari uplinenya.Sayangnya, uplinenya mengatakan, “Lah itu salah anda, kenapa jarang berkumpul, ikut seminar dan lainnya”, mendengarkan kalimat itu, Dg.Bunga kesal dan marah,

Ia mengingatnya kembali …

Di masa susah ini, ia selalu mengingat kejadian tersebut, dan ia juga selalu membayangkan, seandainya, uplinenya mengembalikan uangnya , itu bisa membuat kehidupannya di masa pandemik ini bisa bertahan, selain marah dan kesal sambil mengumpat uplinenya tersebut.

Setelah mencari beberapa peristiwa lainnya, dan saya tidak menemukan, saya memutuskan untuk melakukan hipnoterapi tehnik.Saya menggunakan 4 teknik dalam menuntaskan segala emosi buruk yang di miliki olehhnya, mudahnya, Mengajak Dg.Bunga memaafkan ke dua saudaranya, melakukan distorsi pikiran negatif atas berbagai peristiwa sehingga ketika ia mengingat kejadian-kejadian tersebut, Dg.Bunga sudah tidak mengapa.

Detik-detik terakhir …

Dan terakhir saya menggunakan Coaching berbasis NLP Neuro Linguistic Programming untuk menyelesaikan masalah yang ia hadapi, sehingga mendapatkan berbagai solusi yang memberdayakan dirinya.1 jam 22 menit, saya melakukan hipnoterapi kepada Dg.Bunga, akhirnya selesai. sebelum pulang,

Saya meminta Dg.Bunga untuk berhenti meminum obat.Untuk melihat ke efektifan insomnia sembuh dengan hipnoterapi.Alhamdulillah 3 malam setelah dihipnoterapi, suami Dg.Bunga, yang menghubungi saya melalui https://hipnoterapi-makassar.business.site/ Ia mengabarkan insomnianya tidak pernah lagi muncul, Dg.Bunga sudah tidur tanpa minum obat, ia tidur pulas setelah setelah diterapi esok paginya.

Alhamdulillah, Segala puji hanya bagi Allah …

Ketika saya bertanya, tidurnya berapa jam, ia menjawab, ia tidur jam 8 malam, dan bangun di jam 7 pagi.Alhamdulillah, Semoga kisah ini mengajarkan beberapa hal kepada kita semua.Coach Risman Aris.Your Hypnotherapist.Salama’ ki tapada salama’coachrismanaris.com Jika bermanfaat, silahkan dishare yah.

Kisah “6 Tahun Insomnia Sembuh 1 kali Hipnoterapi”

Kisah klien saya lainnya …

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *